Persyaratan membuat visa

Visa dibutuhkan bagi negara negara yang mewajibkan warga negara Indonesia untuk membuat permohonan visa untuk masuk ke negara yang kita tuju. Persyaratan Visa ini supaya kita waktu masuk negara orang semacam ada jaminan, apakah kita akan masuk kemudian nggelandang, lalu nggak bisa pulang. Atau pura pura wisata ngak taunya kerja disana.

Tujuannya untuk memonitor dan mencegah sehingga tidak membuat beban kepada negara tujuan yang makin membengkak. Itulah seharusnya, tapi sayang negara Indonesia ini kadang kok nggak ngerasa adil dibandingkan negara lain. Negara lain menerapkan persyaratan VISA yang tetek bengek ribetnya, tapi negara Indonesia cuma bayar VoA aja sudah bisa masuk.

Untuk VISA bebas kunjungan, kita bisa masuk dan keluar ke negara negara sbb :

  1. Brunei Darussalam
  2. Chile
  3. Equador
  4. Hong Kong SAR
  5. Macao SAR
  6. Malaysia
  7. Maroco
  8. Peru
  9. Philipina
  10. Singapura
  11. Thailand
  12. Vietnam

Untuk negara2 dibawah ini bisa masuk ke negara Indonesia dengan Visa on Arrival.

Australia
Algeria
Argentina
Austria
Bahrain
Belgium
Brazil
Bulgaria
Cambodia
Canada
Cyprus
China
Czech Republic
Denmark
East Timor (Timor Leste)
Egypt (Mesir)
Estonia
Fiji
Finland (Finlandia)
France (Perancis)
Germany (Jerman)
Greece (Mesir)
Hungary
Iceland
India
Iran
Ireland
Italy (Italia)
Japan (Jepang)
Kuwait
Laos
Liechtenstein
Libya
Lithuania
Latvia
Luxembourg
Maldives
Malta
Mexico (Meksiko)
Monaco
New Zealand (Selandia Baru)
Norway (Norwegia)
Nederlands (Belanda)
Oman
Panama
Poland (Polandia)
Portugal (Portugis)
Qatar
Romania
Russia
Saudi Arabia
Slovak Republic
Slovenia
South Africa (Afrika Selatan)
South Korea (Korea Selatan)
Spain (Spanyol)
Sweden (Swedia)
Switzerland
Suriname
Taiwan
Tunisia
United Arab Emirates
United Kingdom (Inggris)
United States of America (USA)

Hmm nggak adil banget, orang Amerika bisa masuk ke Indonesia hanya bayar beberapa puluh dollar saja, kita ke Amerika ribet nya minta ampun. Yah mau gimana lagi nasib bangsa bukan superior. Mudah mudahan Indonesia bisa menjadi bangsa yang setara.

Kebetulan ada keperluan untuk buat Visa Afrika Selatan, secara umum persyaratan untuk mengajukan Visa secara antara lain :

1.Paspor dengan minimal 9 bulan valid sebelum expired dan minimal 2 halaman kosong untuk visa.
2.Surat sponsor dari perusahaan.
3.2 kopi foto (3.5cm x 4.5cm dengan background putih)
4.Bukti tiket pulang dan pergi
5.Konfirmasi dari hotel
6.Surat referensi dari Bank (saya dapat menggunakan BCA kena biaya admin 75rb rupiah)
7.3 bulan catatan bukti rekening bank (kena biaya untuk legalisasi 75rb rupiah)
8.copy surat nikah
9.copy kartu keluarga
10.copy surat kelahiran

5 Comments to "Persyaratan membuat visa"

  1. andrea's Gravatar andrea
    2 September, 2015 - 12:26 | Permalink

    need info dong, saya akan mengundang salah seorang org afrika,biasa nya syart apa saja yg diperlukan jika akan masuk ke indonesia,org ini dari mombasa,harus buat surat nya di kbri mana kah?

  2. Novi's Gravatar Novi
    21 February, 2015 - 22:36 | Permalink

    Mas, masih ingat gak proses pembuatan visa k afsel brp hari ya ? Kl semua dokumen lengkap, kira2 bisa kurang dr seminggu gak ya?

  3. 24 October, 2014 - 07:25 | Permalink

    Tanya mas, setelah keluar dari afsel dan beberapa bulan kemudian ingin kembali ke afsel apakah visa nya masih berlaku? Atau harus urus kembali?

  4. dee's Gravatar dee
    2 July, 2014 - 06:51 | Permalink

    Untuk aplly visa afrika selatan butuh keterangan vaksin yellow fever ga? Thx

Komentar di sini yuk ..