Holiday or Die, tips liburan bagi pekerja kota

Rasanya ungkapan holiday or die cukup tepat bagi para pekerja ataupun siapapun yang tinggal di kota kota besar. Saya akan berbagi tips liburan bagi pekerja kota yang, bayangkan saja kota seperti Jakarta yang hampir tiap detik kehidupannya sangat berarti membuat orang seperti terpacu terus menerus tanpa sempat untuk rileks.

Bahkan ketika hari libur Sabtu dan Minggu datang, tidak banyak tempat wisata di  Jakarta yang memenuhi syarat untuk rileks. Rata rata di seputaran Jakarta yang menjadi pilihan orang untuk liburan seperti Bandung, Puncak, Anyer tidak membuat orang rileks, karena untuk mencapai tempat liburan, situasi dan masalah ketika pulang masih sama dengan yang dihadapi pada waktu hari hari ketika bekerja yaitu hantu macet.

Bahkan salah satu rekan saya yang bercerita bahwa seseorang yang terkena  macam penyakit seperti darah tinggi, detak jantung tidak normal, stress pada waktu ke dokter hanya di beri satu obat yaitu penenang, karena kata dokternya ini adalah awal penyebabnya. hehe :D ada2 aja.

Wisata liburan bisa sebagai obat juga lho, daripada beli obat mahal, mending buat liburan kan .. :D

Ada beberapa tips untuk wisata yang lebih santai  :

  1. Jika bisa mengambil cuti libur di hari kerja, ambilah karena ini merupakan pilihan yang cukup bijak jika bisa dilakukan, karena disaat itu relatif lebih sepi, potongan harga hotel juga banyak, diskon juga banyak di hari biasa.
  2. Selesaikan semua pekerjaan sebelum mengambil cuti, atau alihkan pekerjaan ke rekan yang lain.
  3. Cek kesehatan bila perlu sebelum liburan, tidak enak tentu kalau liburan sambil sakit, apalagi masuk angin pasti mengganggu sekali.
  4. Bicarakan jauh jauh hari bila beserta pasangan atau keluarga agar semua bisa terkoordinasi dengan baik, dan jadwal tidak berantakan.
  5. Bila liburan dengan menggunakan pesawat pada hari biasa belilah 1 bulan sebelumnya karena biasanya penerbangan seperti airasia, lionair, bahkan garuda indonesia menawarkan dengan harga yang lebih murah, Cek lah di website2 mereka.
  6. Penginapan juga salah satu bagian yang menentukan besar tidaknya budget liburan kita, cobalah sebelum memilih hotel coba banding bandingkan menggunakan search engine hotel atau airline, yang cukup efektif seperti travelkota.
  7. Jika sudah menentukan tujuan, tentukan akan kemana saja. Berpergian dengan terencana lebih hemat dalam segala hal, waktu dan ongkos.
  8. Bawa obat obatan ringan, karena belum tentu di lokasi wisata kita dengan mudah mendapatkan obat obatan.
  9. Yang terpenting dana untuk liburan, siapkanlah dari jauh hari jadi tidak mengganggu cash flow sehari hari.

Enjoy your trip .. jangan lupa oleh oleh fotonya :D

Komentar di sini yuk ..

1 Trackback to "Holiday or Die, tips liburan bagi pekerja kota"

  1. on 30 August, 2010 at 16:07