Cara cepat urus perpanjang passport di imigrasi cuma butuh waktu 1 jam

Well yang bener, cara cepat perpanjang passport cuma butuh waktu satu jam ? ini sebenarnya diluar perkiraan saya. Dari baca baca referensi sana sini, ada yang bilang datang pagi pagi, bahkan ada juga ketika sang rembulan masih terang sudah nongkrong di luar pagar imigrasi. Semua saya lakukan demi mendapatkan durian runtuh yang sayang kalau nggak ditangkap, demi proses perpanjangan passport, pagi pagi saya rela datang biarpun masih gelap gulita. Dan hasilnya sodara sodara tidak ada yang bisa dilakukan. Pagar masih tutup.. malah dikira maling iya..

Perpanjangan passport ini saya lakukan di Kanim Kantor Imigrasi Jakarta Barat. Lokasinya ada di dekat Stasiun Kota (Beos). Lokasi tepatnya ada di jalan Pos Kota no. 4. Tepat di depan musium Fatahillah ada kantor pos besar, nah disampingnya itu jalan Pos Kota tempat Kantor Imigrasi.

Akhirnya muter2 jam 06.30 pagar dibuka dan motor saya parkir dengan manisnya, kemudian menuju bagian belakang untuk melihat situasi di lapangan ceila.. kaya mau perang.

Tapi bener baca baca dari referensi paling cepat itu adalah harus upload online terlebih dahulu untuk untuk memotong proses waktu validasi.

Tapi saya pikir ya sudah kalau sekarang masih ngantri lama gpp, yang penting saya sudah tau situasinya jadi kalau besok datang lagi lebih percaya diri.. hehe

Jam 1/2 8 saya coba memberanikan diri datang ke loket 1 day passport service yang masih tertulis TUTUP. Saya meminta formulir kosong terlebih dahulu agar nanti antri langsung bisa submit dokumen. Ternyata dibalas dengan senyuman yang tulus dan manis sekali dari seorang ibu pegawai. Nanti ya mas, jam 8 loketnya baru buka.

Ya sudahlah memang loket masih tutup, tetapi banyak para “prioritas” yang bisa mendapatkannya lewat dari dalam. Bahkan keliatan kok dari luar tempat duduk. Dan ibu tadi yang senyum tulus tadi juga memberikannya, membuat saya cuma bisa menghela napas panjang .. hehe :) sok suci banget saya ya .. :)

Ya akhirnya keliling keliling aja disekitaran loket. Dalam tempo 1/2 jam sudah 3 orang yang nyamperin saya untuk nanya, pak bagaimana ya prosesnya, ada juga yang nanya ktp saya hilang dan ktp dengan KK beda. Aduh saya aja baru sekali ini ngurus sendiri, karena biasanya memang pakai biro jasa. Jadi saya jawab sebisa saya saja.

Jam 7.50 orang sudah antri di loket 1 day service, sayapun ikut antri untuk mendapatkan formulir isian. Ingat persyaratan yang harus dibawa adalah :
1. Foto copy KTP
2. Foto copy KK
3. Foto copy passport lama
4. Foto akte lahir/ ijasah / surat nikah

Masing masing di copy di kertas ukuran A4 dan jangan dipotong lagi untuk KTP.

Siapkan juga masing masing aslinya untuk divalidasi oleh petugas.

Prosesnya sebagai berikut :

  1. Loket baru buka minta formulir isian, jika sebelumnya sudah punya dan diisi lebih baik lagi.
  2. Baru antri untuk validasi di loket 1 day passport service.
  3. setelah di validasi, nanti akan dapat map warna hijau, kemudian kita ke mesin kios untuk ambil nomor urut dengan memasukkan nama depan, nama belakang dan tanggal lahir. Pas bersamaan waktu ngantri di loket, ada orang yang habisnya belum 6 bulan kenanya passport elektronik seharga 600rb, kata petugasnya aturannya memang aturannya begitu, hmm..
  4. Antri sesuai nomor urut untuk menunggu panggilan bayar. Saya minta yang 24H tapi dijawab di kasir tidak ada yang 24H adanya yang 48H, tapi di websitenya imigrasi.go.id kok ada ya ?
  5. Setelah bayar tunggu lagi untuk panggilan wawancara dan foto.
  6. Dapat surat untuk pengambilan passport 1 hari setelah wawancara.

Semua proses tersebut jam 9 saya sudah selesai, padahal sudah siapin izin nggak masuk kerja sampai sore lho.
Tapi entah kenapa passport belum bisa diambil hari itu juga, baru bisa diambil keesokan harinya.

Tapi so far worth to try by your self, dari pada pakai calo, duit saya selamat hampir 700rb an.  Pengalaman mengurus sendiri untuk menghemat biaya juga saya alami waktu mengurus mutasi masuk STNK ke Bogor.

Untuk pakai jasa calo mengurus perpanjangan Passport paling cepet 4 hari dan mintanya 950rb.

Urus sendiri cuma :
255 rb (biaya passport dan biaya TI)
Kopi + indomie telor rebus 9rb

Total kerusakan hanya 264rb..

Jika saja ada yang 24H lebih bisa ngirit lagi.

Tips dan trik :

  1. Proses cepat ini hanya bisa untuk perpanjangan passport, belum bisa untuk pembuatan passport baru
  2. Buat saya tidak berguna datang jam 6 apalagi jam 5 (pager masih tutup cuy). Datang aja jam 07.30
  3. Siapkan semua fotokopi dan aslinya. Fotocopy masing masing dalam format A4, formulir isian jika juga ada lebih baik.
  4. Supaya tidak berantakan dan kececer dokumen asli dimasukkan dalam satu binder plastik jadi selain dokumen kita aman juga tidak kececer.
  5. Katanya datang pada waktu tanggal tua, kebetulan saya buat di tanggal 23 Agustus dan memang agak sepi.

Selamat membikin passport dan jalan jalan ..

55 Comments to "Cara cepat urus perpanjang passport di imigrasi cuma butuh waktu 1 jam"

  1. Pina's Gravatar Pina
    4 July, 2017 - 09:59 | Permalink

    Maaf saya nak tanya saya kan udah habis kontrak dimalsyia tapi saya blm ad 3 bln dirmh bole kah saya pergi kerja lgi kemlsyia dgn ganti paspor baru tolong bantuan ny y teman

  2. makudu's Gravatar makudu
    10 June, 2016 - 11:09 | Permalink

    gua ngurus paspor melalui agen malah lama jadinya.. padahal sudah masuk jalur kilat bayar 700rb, bilang hari selasa. disuruh foto hari rabu, sampai jumat belum jadi, ini macetnya dimana, di imigrasi atau agen perjalanannya.. parah

  3. 29 March, 2016 - 15:17 | Permalink

    mau nanya td saya mau perpanjang paspor di imigrasi jcipinang tp paspor saya paspor tki dan terbitan terahir di kjri hong kong trus pas udah anter ada petugas ibu ” menghampiri saya dan lihat docoment +paspor lama saya trus dia bilang tki ndak bs di sini harus di tempat tgl lahir / lewat pjtki soalnya saya dr semarang trus skarng harus paspor untuk 48 pegs

  4. margery's Gravatar margery
    11 March, 2016 - 20:04 | Permalink

    Bagaimana yah jika fotokpi akta ada tp yg asli g ada
    Gimana yah itu?

  5. 27 November, 2015 - 16:40 | Permalink

    Mesin Antrian Imigrasi: pengalaman mengurus pasport di imigrasi semakin cepat layanannya dengan sistem antrian terpadu. poke OK lah…

  6. 16 June, 2015 - 06:28 | Permalink

    info nya sangat bermanfaat banget mas..

  7. 2 April, 2015 - 23:32 | Permalink

    Saya suka tulisan yg terakhir.. Dateng pas tanggal tua karena agak sepi.. Hihii saya sbagai biro jasa paspor juga ngerasain itu.. Kalau akhir bulan agak sepi order.. Hihii

    Salam kenal ya min :)

    • 5 April, 2015 - 06:59 | Permalink

      Wkwkw.. wah jangan kesinggung ya sama tulisan saya .. hehe

    • 5 May, 2015 - 23:22 | Permalink

      mohon maaf nih nimbrung komen, ane mau nanya, siapa aja boleh jawab hehe. kalo paspor lama nya paspor surabaya dan mau di perpanjang dijakarta kira2 bisa ga ya? ada syarat apa ya kira2? mohon pencerahan. terima kasih gan hehe

  8. 1 April, 2015 - 13:58 | Permalink

    Sedang antri walk in sejak pk.08.30 sampai pk.14.00 belum kepanggil masih 4 nomer lagi

  9. 12 February, 2015 - 10:20 | Permalink

    Itu juga berlaku untuk di surabaya ga min?

  10. CSA's Gravatar CSA
    3 February, 2015 - 20:48 | Permalink

    pengalaman saya perpanjang paspor online di Jakarta Barat. Tadi baru saja saya datang ke kantor imigrasi Jakarta Barat utk wawancara dan foto sesuai jadwal yg sdh kita pilih sebelumnya melalui online. saya sampai disana jam 8 lewat 15 menit. Disana kita antri utk ambil no.antrian, antrian antara yg on line dan walk in dibedakan dan no.antrian juga dibedakan. Saya dapat no antrian 23 dan 24 utk antrian on line. Dari saya tunggu sampai dipanggil giliran kurang lebih 2jam an. dan kelar kurang lebih jam 11. saya agak kecewa krn yg saya baca di internet jika kita daftar online dan kelar dibawah jam 12, paspor akan jd hari itu juga jam 15an tp ternyata paspor tsb jadinya kurang lbh seminggu kemudian padahal di tanda terima yg saya terima terdapat stempel yg bertuliskan “Paspor dapat diambil tiga hari kerja setelah foto”. Tapi kenyataannya saya foto hari selasa tp paspor bisa diambil hari Senin depannya jam 14an. Itu pengalaman saya perpanjang online di Kantor Imigrasi Jakarta Barat

  11. solmet's Gravatar solmet
    13 January, 2015 - 17:41 | Permalink

    Terntata masih ada calonya juga bahkan yg mengaku orang dalam

  12. Emilia's Gravatar Emilia
    26 October, 2014 - 12:30 | Permalink

    Paspor aku udah habis ni Mas agst 2014 kalu ini kena electronic passport ga Mas. Thank you..

  13. JIHAN ALEXA MAHARANY's Gravatar JIHAN ALEXA MAHARANY
    2 October, 2014 - 17:18 | Permalink

    Mas…mau tanya tolong jwab…pasporku masa habis berlakunya april 2010…berarti bkin baru atau perpanjang…kalo perpanjang syaratnya ktp,kk,paspor lama,kalo pake surat kenal lahir bisa gak,truz saya kan udah menikah,kalo tanpa buku nikah bisa gak…? Coz belum ketemu2…teledor..mohon jwabanya…makasih

  14. 21 September, 2014 - 14:00 | Permalink

    kalo mau perpanjang pasport yang sudah expired 3than bisa ga ya? trus kalo alamat ktp di cilacap, sementara pengen bikin di yogya bisa ga ya?

  15. riftyza gestandi's Gravatar riftyza gestandi
    16 September, 2014 - 11:21 | Permalink

    Passport saya abis Maret 2015, dan mau perpanjang sekarang. Kalo saya baca2 komen diatas, maksudnya kena “electronic passport” itu apa ya? Gimana supaya ga kena “electronic passport” ?

  16. Anna's Gravatar Anna
    19 August, 2014 - 09:46 | Permalink

    Maksudnya “habisnya belum 6 bulan” itu apa ya? Passport saya expired April 2015 dan mau perpanjang akhir Agustus 2014. Apakah passport elektronik jadi berlaku untuk kondisi ini? Terimakasih!

  17. Maria's Gravatar Maria
    18 August, 2014 - 10:19 | Permalink

    4. Foto akte lahir/ ijasah / surt nikah

    maksud persyaratan no 4 ini apakah salah satu aja sudah boleh atau harus semua? apa boleh FC dan asli Akte lahir aja sudah boleh jd tidak usah membawa fc ijazah dan asli?

  18. linny's Gravatar linny
    10 July, 2014 - 13:28 | Permalink

    Saya mengurus paspor online dan menunggu 6jam di kantor imigrasi, sudah datang dari jam 8 pagi

  19. pipit's Gravatar pipit
    29 June, 2014 - 20:19 | Permalink

    Begini,,saya kan asli yogyakarta tapi dulu saya membuat paspornya di jatim sewaktu mau berangkat ke Brunei Darussalam,dan sudah habis di tahun 2013 kemarin. Terus kalo mau perpanjang tapi di yogyakarta bisa g ya????Kalo bisa kira kira biayanya berapa ya????

  20. Carin's Gravatar Carin
    26 June, 2014 - 00:33 | Permalink

    Paspor saya dikeluarin di kota makassar..terus nih uda mau expire mesti diperpanjang..saya bisa ngurus di kota semarang gak ya perpanjangnya?berhubung skg uda pindah kerjaan di semarang..tp ktp masi ktp makassar..thanks

  21. pardono's Gravatar pardono
    16 June, 2014 - 09:30 | Permalink

    nah low gini gmn domisili pasport saya sebelumny jawa tengah terus saya mau perpanjang pasport lagi tapi sekarang domisili jawa timur bisa g gitu apa harus nunggu masa pasport habis baru bikin lagi di wilayah jawa timur?

  22. Aremania's Gravatar Aremania
    12 April, 2014 - 08:56 | Permalink

    Biasanya Para Calo narget berapa dalam pengurusan paspor itu

  23. ayubulan's Gravatar ayubulan
    8 April, 2014 - 10:35 | Permalink

    sekarang akses onlinenya sudah tidak ada tuh. Alasannya begini nih:

    —-

    Mohon Maaf
    Jumlah pengguna yang mengakses Aplikasi Layanan Paspor Online (Pra-Permohonan) sudah mencapai batas maksimum.
    Silahkan mencoba beberapa saat lagi.

    Copyright © 2014 Ditjen Imigrasi Republik Indonesia.
    All Right Reserved

  24. andung nursehan's Gravatar andung nursehan
    6 April, 2014 - 22:35 | Permalink

    Klo masa berlakunya sdh lwt 1 thn/ lbh gmn? Kena denda kah? Atau bgmn? Tq

  25. siti sulaeha's Gravatar siti sulaeha
    13 March, 2014 - 11:02 | Permalink

    informasinya bagus, enak dibaca dan perlu…( kayak iklan majalah aja … )

  26. 6 March, 2014 - 15:34 | Permalink

    24H itu utk TKI klo untuk liburan 48H jadi gak boleh pake 24H.

  27. alright's Gravatar alright
    2 February, 2014 - 06:55 | Permalink

    Maaf mau nanya.. bener gak sih kalo kata nya perpanjang pasport harus 6 bulan sebelum habis masa berlaku? Kalo nggak di denda? Makasii..

  28. setia's Gravatar setia
    1 February, 2014 - 09:16 | Permalink

    kalau buat WNI keturunan,tapi sdh ada pasport lama cuman sudah hbs masa berlakunya syaratnya apa aja dan brp biayanya……..?

  29. rika's Gravatar rika
    9 January, 2014 - 16:00 | Permalink

    kalo mo perpanjang pasport, pasport lamanya tetap buat kita bisakah?

  30. arius's Gravatar arius
    26 December, 2013 - 16:15 | Permalink

    maksudnya gimana yah yang habisnya belum 6 bulan kenanya passport elektronik seharga 600rb? tengkyu

  31. arie's Gravatar arie
    28 August, 2013 - 18:32 | Permalink

    Mudahan bisa berlaku dan diberlakukan di seluruh Imigrasi indonesia… takutnya yang ada di daerah memberikan pelayanan Tebang Pilih…. Semoga Imigrasi mampu menjawab tantangan perkembangan zaman melayani masayarakat dengan cepat dan tepat… amieeeeen

Komentar di sini yuk ..

1 Trackback to "Cara cepat urus perpanjang passport di imigrasi cuma butuh waktu 1 jam"

  1. on 20 April, 2014 at 21:33