Tanda tanda kampas kopling mobil sudah tipis

Sebenarnya saya ini bukan penggila otomotif, tapi penggila fotography. Tapi kok bisa bisa bisanya menulis mengenai topik otomotif, apa nanti orang orang nggak bilang sok tau ya ? tapi nggak apa apa, anjing menggonggong khafilah berlalu. Wah sudah kaya bawa payung naik ojek ..  nggak nyambung jek .. hehe :D

Nah ini yang baru baru ini saya rasakan tanda tanya kampas kopling mobil mau habis ….

Mungkin tanda tanda nya selain yang saya ceritakan di sini itu banyak, saya ingin share aja yang lagi saya rasakan.

Pada awalnya saya diberitahu oleh orang bengkel resmi, Pak kampas mobil bapak sudah tipis, saya sih tampung dulu nggak  langsung ganti. Mau cari second opinion ceritanya. Tanya sana sini, kebanyakan memang bilang klo km mobil saya 50ribu km itu belum saatnya ganti kampas kopling, karena menurut mereka kampas kopling baru 80rb atau bahkan 100rb sampai 120rb baru ganti kampas kopling, tapi itu tergantung cara dan tempat memakai mobilnya.

Kalau saya rasakan mobil saya ini power/ tarikannya sudah agak kurang. Kalau dari power sebenarnya ada pengaruh juga dengan bahan bakar yang dipakai, kalau misalnya harusnya memakai oktan tinggi jangan diisi premium, apalagi ada isu mengenai pompa bensin mobil rusak karena menggunakan premium, yah isi pertamax hitung hitung bantu negara.

Balik lagi ke kopling, mobil saya yang biasa dari pelan kemudian jalan pakai gigi 2 masih responsif ini sudah berat dan mobil bergetar. Kemudian yang bisa langsung saya rasakan yaitu kalau biasanya gigi 3 speed 60 km/jam aja masih sekitar rpm 2000 an ini sudah rpm 3000 jadi menurut saya berasa selip gitu. Kemudian di tanjakan serasa nggak ada power nya. Jadi ngeri buat jalan jalan ke tempat yang banyak tanjakannya. Pernah juga waktu ke Puncak pedal gas ditekan dalam, tapi tapi power serasa nggak ada, mau nyalip mobil depan susah banget..

Tanda tanda kopling sudah tipis pada saat kita melepas kopling dan menginjak gas maka kecepatan akan lambat naik tetapi suara mesin akan meraung keras (rpm tinggi).

Cara cek kopling mobil yaitu dengan cara mesin dihidupkan tarik rem tangan masukan gigi 1 lepas kopling perlahan kaki kanan dalam posisi menginjak rem dan gas perlahan, bila posisi pedal kopling sudah terlepas tetapi mesin tidak mati maka kampas kopling sudah habis (ingat jangan lakukan ini berulang ulang karena akan mempercepat keausan kopling).

wah sepertinya bengkel resmi saya bener nih, semoga rencana ganti kopling bisa terealisasi segera ….

29 Comments to "Tanda tanda kampas kopling mobil sudah tipis"

  1. lely's Gravatar lely
    11 October, 2014 - 09:20 | Permalink

    saya mau nanya nih,,mbl sy innova ,ada pengalaman saat mengendarainya,,waktu jalan dr gigi satu trus ganti ke gigi 2,eeh tiba2 gigi nya balik ke standbye..itu kenapa ya,,?

  2. roni's Gravatar roni
    29 August, 2014 - 11:11 | Permalink

    Saya punya kijang thn 93 pedal kopling nya tinggi bgt, ada yg tau gimana stel nya, mohon info ya gan…

  3. 7 August, 2014 - 18:17 | Permalink

    terimakasih banyak informasinya, membantu banget nih

  4. irul's Gravatar irul
    23 May, 2014 - 20:44 | Permalink

    Salam…
    kenal kan nama saya irul…
    mau nya nich gan mobil saya xenia sporty th,2011 kalo naik gunung ko ga kuat y padahal sudah di tune up,ganti kampas kopling,ganti busi,ganti pompa bensin,ganti filter udara ko masih juga ya saya jadi heran pilss info nya gan…..

    • Ronaldi Rahmadan's Gravatar Ronaldi Rahmadan
      3 August, 2014 - 00:24 | Permalink

      Turunin gigi om pada saat nanjak.. xenia 2011 bukannya masih baru yah tarikannya juga pasti mantap?

  5. Ahmad Dp's Gravatar Ahmad Dp
    21 April, 2014 - 22:32 | Permalink

    ternyata penyebabnya kompling a .. pantesan d tanjakan tenaga a gak ada ..
    bagi yg posting thanks atas informasinya

  6. Udhien M Top's Gravatar Udhien M Top
    13 January, 2014 - 16:14 | Permalink

    Mohon maaf sebelume, gue ikut nimbrung baru sekarang. Siapa tau masih ada yang aktif di ini blog. Gue tertarik krn sekarang punya trobel yang sama – masalah kampas kopling mobil kijang 1994. Yang mau gue tanyakan Jika mesti ganti itu kampas, MERK apa yang kira2 bagus. (Ngomong2 boleh ndak nyebut merk). Trimakasih atas informasinya……..

    • toto's Gravatar toto
      9 February, 2014 - 12:53 | Permalink

      sy bingung keterangannya, katanya kaki kanan dalam posisi menginjak rem dan gas perlahan. jadi yang untuk ngegas kaki yang mana he he he

  7. cholim uttami's Gravatar cholim uttami
    16 December, 2013 - 18:42 | Permalink

    mau tanya mas? ini mobil sudah aku handrem & masuk pd gigi 1 lalu kopling aku lepas perlahan dan aku tambah gas. mesin mati , itu tandanya kopeling masih lumayan ya mas? tapi kenapa sangat tidak bertenaga? mohon infonya mas.

    • Ronaldi Rahmadan's Gravatar Ronaldi Rahmadan
      3 August, 2014 - 00:27 | Permalink

      Kopling nya berarti masih bagus omm.. kalo masalah tenaga berarti ada masalah lain di mesin om.. coba deh om tune up dulu di bengkel..

  8. 23 November, 2013 - 18:56 | Permalink

    Atau kalau abis menanjak, mobil akan terasa bau gosong, berarti kampas udah mulai selip, dah tanda tanda siap siap nabung … :)

  9. rahmadi's Gravatar rahmadi
    4 November, 2013 - 15:50 | Permalink

    banar bgt mobil sy juga kemaren power nya duh2 kalah sama mobil jadul,rupanya kampas koplis habis ngk berisisa,setelah ganti ,power lumayan,tp saat pertama jalan ko enjot2an ya,dan sedikit bergetar,kata orang bengkel sih kampas baru mgkn belm rata,kira2 ada yg tau?? kaya nya ni blog bagus kita bikin forum aja ni

  10. abet's Gravatar abet
    4 May, 2013 - 12:41 | Permalink

    kesimpulanya: hidupkan mesin tanpa injak gas , dalam kondisi stasioner mobil di handrem kuat2 , kaki kiri injak kopling lalu masukkan gigi 1 , kaki kanan injak rem kuat2.lalu lepaskan kopling, jika mesin mati kampas masih bagus. ngunu lek e

  11. 27 February, 2013 - 20:45 | Permalink

    Terimakasih sharingnya … Justru dari orang-orang awam kadang kita mendapatkan ilmu yg tepat yg kita butuhkan, karena ilmu yg diperoleh benar-2 dari pengalaman bukan teori.
    Mohon maaf boleh nambah sedikit dari stelan kopling bisa juga mengakibatkan slip, tetapi kl setelan kopling sudah tidak bisa disesuaikan berarti kopling sudah aus.
    Selain itu buat yg suka injakan kopling dalam yg kalau dilepas sedikit sudah jalan, juga mesti menyadari karena hal tersebut berpengaruh pd usia ketahanan kopling, jadi cepet aus. Kebetulan saya suka model begitu ternyata walau mobil jarang dipakai kopling sudah minta diganti.

  12. hisar's Gravatar hisar
    2 December, 2012 - 21:53 | Permalink

    maksudnya kale kaki kiri injak kopling kaki kanan injak gas n kaki tengah injak rem gitu ya?????

  13. bang acink's Gravatar bang acink
    19 November, 2012 - 11:22 | Permalink

    trims infonya bro….semoga bermanfaat.

  14. richo's Gravatar richo
    10 November, 2012 - 08:28 | Permalink

    Pengalaman gw bnget nich saat ini,, corola great gw gemetar2 kerasa bnget sampai ke stirr,, gw hampir nuduh bak stir nya yg kena soalnya powerstering baru ganti pompa juga,, tp cuma 1 bengkel jelek semi permanen tepi jalan yg bilang itu kopling yg udah mulai habis, bukan bak stir,, setelah gw baca td akhirnya gw baru yakin klw bengkel kecil ini yg bener ..hehee shering aja semua tanda2 nya cocok,, thank u buat penulis

  15. rochmad's Gravatar rochmad
    21 June, 2012 - 14:28 | Permalink

    iya mas betul, aq juga perah ngalamin kayak gitu, krn dari situ aq baru tau

  16. tsabit's Gravatar tsabit
    9 February, 2011 - 08:27 | Permalink

    kalau kampas kopling yang tipis pengaruh juga ga/ coz ane juga ngalamin kejadian yang sama . waktu liburan ke rumah mertua di kaki gunung tampomas sumedang..mobil ga mau nanjak. baru waktu pindah gigi 1 bisa naik..hhhh makasih sharing nya ya.

  17. 14 January, 2011 - 17:06 | Permalink

    loh gimana sih tu injak rem dan gas perlahan, ogh atas ane udah ada to yaudah

  18. andri's Gravatar andri
    27 September, 2010 - 16:51 | Permalink

    kaki kanan dalam posisi menginjak rem dan gas perlahan……………………….maksudnya kaki kanan injek rem apa gas

    • endi's Gravatar endi
      29 July, 2014 - 10:05 | Permalink

      Tq masukan n solusinya masalah gue sama. … Buat gw dak masalah nginjak rem m gas.

Komentar di sini yuk ..

1 Trackback to "Tanda tanda kampas kopling mobil sudah tipis"

  1. on 30 August, 2010 at 08:04