Langkah langkah upgrade versi wordpress

Website saya sebelumnya menggunakan WordPress versi 2.7.1 Sebenarnya saya malas upgrade karena memang ya sudah cukup. Dan dengan versi tersebut sudah jalan baik kok. Tapi problem muncul ketika mau menambahkan plugins kadang kadang suka bermasalah dengan versi lama saya, sedangkan plugins yang cocok untuk versi saya sudah nggak ada.

Jadi ya akhirnya terpaksa update deh. Cek cek sisa space hosting di idwebhost space tidak mencukup karena tinggal 10 mega, jadi tidak bisa langsung update karena pada waktu update dia akan melakukan backup otomatis terlebih dahulu.

Karena saya hosting jadi langkah langkah yang saya gunakan :

  1. Untuk mengantisipasi data yang penuh saya ftp ke hosting dan backup semua image, atau file2 besar yang dapat di restore kemudian. Biasanya terdapat di dalam /public_html/wp-content/uploads
  2. Backup mysql database. Masuk ke cpanel – klik phpmyadmin, klik export, pilih database – klik go kemudian simpan di komputer kita.
  3. Copy semua file dibawah folder public_html, jika terjadi sesuatu kita bisa merestore nya.
  4. Setelah space dirasa cukup, baru dilakukan upgrade, masuk ke cpanel hosting, pilih fantastico kemudian klik saja upgrade, jika ada error, perhatikan error nya. Yang saya alami sih error karena space kurang, maklum saya cuma sewa yang basic :D .
  5. Jika masih error karena penuh, coba hapus beberapa file dan hapus file di bawah folder /fantastico_backups karena meskipun gagal ada data yang ter backup disana, biasanya ukurannya lumayan besar, tergantung dari besar ukuran web kita. Kemudian kita ulang lagi sampai berhasil
  6. Saya upgrade dari versi 2.7.1 ke 3.0 lancar saja kok, saya tinggal restore file file image nya saja

Komentar di sini yuk ..