Jalan jalan dan wisata makanan di Pekanbaru

Buat pecinta masakan ikan, ini pekanbaru rajanya, rata2 masakannya sangat cocok dengan lidah saya..

Mendapat kesempatan untuk mengunjungi kota Pekanbaru, seperti yang biasa gw lakukan yaitu mencari tempat makanan yang enak. Sesuai dengan bekal informasi di tangan .. ini hasil perburuan di Pekanbaru.

Ikan Baung..
Ikan Baung adalah jenis ikan tawar yang di Riau sudah banyak diternakkan. Daging ikannya lembut sekali dan sangat pas dipadu dengan bumbu asam pedas yang sangat populer di Pekanbaru. Salah satu restoran yang sangat terkenal dengan masakan ikan baung adalah Pondok Asam Pedas Baung yang terletak di depan Rumah Sakit Awal Bros.

Semua model penyajian rumah makan di Pekanbaru, mirip dengan rumah makan padang. Meskipun kita  pesannya ikan baung, pasti piring2 lain yang berisi berbagai menu ikut disajikan.

1. pondok-asam-pedas-baung 2.ikan-baung-asam-pedas

3.ikan-baung-asam-pedas-komplit 4.depan-rumah-sakit-awal-bros

Ikan Patin HM. Yunus
Salah satu jenis masakan ikan yang juga terkenal di Pekanbaru yaitu masakan Ikan Patin, yang populer di adalah Rumah Makan Pondok patin HM. Yunus yang berada di daerah simpang tiga. Masakan ikan patin disini sangat digemari oleh Pak SBY yang baru saja kemarin secara tidak resmi terpilih kembali menjadi Presiden RI.

1.pondok-patin-hm-yunus 2.ikan-patin-asam-pedas

3. makanan-dalam-pondok-patin 4.pondok-patin-hm-yunus-2

Durian Pekanbaru
Untuk penggemar berat durian, kalau ke Pekanbaru jangan lupa mencicipi durian di Pekanbaru, durian ini banyak datang dari daerah Medan, durian ini tidak terlalu besar tetapi rasanya mengalahkan rasa durian montong. Uniknya kalau makan di tempat bisa makan dengan pulut atau ketan putih dengan lumuran kelapa parut, yang rasanya wah.. bener bener bisa bikin lupa daratan deh ..

1. durian-pekanbaru 2. durian-dan-ketan-putih 3. ketan-putih-dan-parutan-kelapa

Pondok Ikan Bakar Bandar Hidup 9
Nggak begitu tau dimana tempat makan ikan yang enak, sempat melewatin tempat di sepanjang daerah  menuju Kulim. Ada penjual Ikan bakar namanya Pondok Ikan Bakar Bandar Hidup 9, pas makan siang rame nya minta ampun. Ikan disini cuma satu jenis, nggak tau juga jenis ikan apa, tapi bumbunya ya  ampun, enak banget .. jangan lupa juga cobain cabai hijaunya .. boleh taruhan deh, kalau sudah kena cabai hijaunya , kalau nggak nambah hebat deh ..

1.pondok-ikan-bakar-bandar-hidup-9 2. ikan-bakar-bandar-hidup-9

3.cabe-hijau-bandar-hidup-9 4.suasana-di-pondok-ikan-bakar-bandar-hidup-9

Mesjid Ar-Rahman
Mesjid ini termasuk baru, terletak di Jl. Sudirman 482 Pekanbaru dan diresmikan oleh Gubernur Riau  HM. Rusli Zainal, SE, MP pada tanggal 19 Juni 2009, sempat mampir untuk menenangkan hati dan berfoto2.

1. mesjid-ar-rahman-pekanbaru-1 2.mesjid-ar-rahman-pekanbaru-2 3.mesjid-ar-rahman-pekanbaru-3 4.mesjid-ar-rahman-pekanbaru-4

Satu hal lagi yang cukup menarik di Pekanbaru, cobalah naik angkot di Pekanbaru, terutama malam, khas nya adalah mereka selalu putar musik keras keras, jadi kalau malam kadang ada yang pasang lampu2 seperti disco jadi serasa di kelab malam deh , asyik juga denger musik2 nya ..

1.trans-metro-pekanbaru-1 2.trans-metro-pekanbaru-2 3.trans-metro-pekanbaru-3

Di Pekanbaru juga ada busway seperti di Jakarta namanya Trans Metro Pekanbaru, cuma disini jalan trans metro nggak khusus seperti di Jakarta, jadi bersamaan dengan kendaran2 lainnya. Jadi kadang di tempat tertentu yang tidak bisa di bangun halte bis nya hanya seperti tangga aja seperti yang terlihat di Terminal ujung di Pandau yang merupakan daerah perumahan.
Ini ada informasi mengenai jalur trayek dan peta trayek Trans Metro Pekanbaru, cuma ketika gw berkunjung ke Pekanbaru, baru trayek 1 dan 2 saja yang beroperasi, 3, 4 dan 5 belum beroperasi, mungkin sedang dalam perencanaan.

9 Comments to "Jalan jalan dan wisata makanan di Pekanbaru"

  1. pratiwi's Gravatar pratiwi
    26 December, 2012 - 11:11 | Permalink

    mantap (y)

  2. 20 December, 2012 - 15:19 | Permalink

    Cukup lengkap, kalo untuk ikan perlu dicoba juga ikan bakar pak ndut, dan ikan bakar mas agus, juga pak abbas.
    Salam kenal

  3. Aini's Gravatar Aini
    2 November, 2011 - 20:40 | Permalink

    hallo, saya ada rencana jalan2 ke Pekanbaru tahun depan. Apa yang menarik untuk dijajal di PKU?

  4. Mathias's Gravatar Mathias
    10 January, 2011 - 23:10 | Permalink

    Salut buat trans metro pekanbarunya….
    walaupun katanya cuma baru 2 trayek yang beroperasi, tapi sudah dipikirkan matang-matang karena rutenya sudah melayani ke bandara…

  5. 30 December, 2009 - 01:31 | Permalink

    Wow durennya & kulinernya OK banget tuh. Thanks.

  6. 16 September, 2009 - 11:57 | Permalink

    bro gw ijin nge link blog lo ya..
    salam kenal aja..
    gw jg ada komen ttg Ketupat kandangan..:)

Komentar di sini yuk ..