Taman Nasional Komodo, Naga tanpa semburan api

Komodo, naga tanpa semburan api, tidak terbang, dan tanpa mantra sihir. Melihat mereka mungkin membuat anda berkomentar. Komodo ini, adalah naga-naga di kehidupan nyata. Adalah suatu pemandangan yang memang mengerikan. Kadal raksasa, sekitar dua atau tiga meter. Mereka dapat dengan mudah mencapai berat sekitar 165 kilogram. Meskipun penampilan mereka seperti itu, mereka bukanlah pemburu aktif. Apa yang membuat mereka menakutkan adalah kenyataan bahwa mereka adalah predator. Di alam liar, mereka menggigit mangsa. Satu gigitan dan hanya itulah yang biasanya diperlukan. Setelah mengikuti korban untuk sementara waktu, terkadang sampai waktu beberapa hari, maka komodo komodo akan memakan mangsa yang sekarat.

Naga Komodo (Varanus komodoensis) adalah spesies langka yang hanya dapat ditemukan di Taman Nasional Komodo (TNK) di Nusa Tenggara Timur (NTT). Karena sifat unik dan langka hewan ini, TNK dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1986.

Taman ini mencakup tiga pulau besar, Komodo, Rinca, dan Padar, dan pulau-pulau kecil banyak bersama sejumlah 603 km2 lahan. Ukuran total Taman Nasional Komodo saat ini 1.817 km2. Usulan ekstensi dari 25 km2 lahan (Banta Island) dan 479 km2 perairan laut akan membawa total luas permukaan hingga sedikitnya 2.321 km2. Sekitar 2500 an Komodo tinggal di daerah ini. Naga besar ini biasanya memiliki ukuran tiga meter panjang dan berat sampai 90 kg. Habitat komodo memiliki pemandangan yang indah dari sabana, hutan hujan, pantai putih, karang yang indah, dan laut biru yang bersih. Di daerah ini, Anda juga dapat menemukan kuda, kerbau liar, rusa, babi hutan, ular, monyet, dan berbagai jenis burung.

TNK memiliki biota laut yang kaya dan menakjubkan di bawah air. Para penyelam mengklaim bahwa perairan Komodo adalah salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Ini memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Anda dapat menemukan 385 jenis karang yang indah, hutan mangrove, dan rumput laut sebagai rumah bagi ribuan spesies ikan, 70 jenis bunga karang, 10 jenis lumba-lumba, 6 jenis paus, penyu hijau dan berbagai jenis hiu dan ikan pari.

Atau Anda dapat melakukan beberapa kegiatan diving di Pulau Komodo. Buka link ini jika Anda tertaik untuk melihat alam bawah air pulau komodo.

Diambil dari : www.indonesia.travel

2 Comments to "Taman Nasional Komodo, Naga tanpa semburan api"

  1. 29 August, 2010 - 13:26 | Permalink

    Wah keren artikel nya..

  2. 29 August, 2010 - 13:16 | Permalink

    Test comment

Komentar di sini yuk ..