Katupat Kandangan – Banjarmasin

Katupat Kandangan adalah salah satu makanan khas di Banjarmasin. Yang terkenal adalah di daerah Kandangan, daerah sebelum Martapura ketika menuju Banjarmasin. Itulah kenapa namanya katupat kandangan.

1. Katupat kandangan 2. Katupat kandangan2

1. Katupat Kandangan adalah salah satu makanan khas di Banjarmasin. Yang terkenal adalah di daerah Kandangan, daerah sebelum Martapura ketika menuju Banjarmasin. Itulah kenapa namanya katupat kandangan.
2. Aneh sekali lihat makanan sejenis ketupat sayur disajikan pakai cucian tangan. Ternyata orang sini kalau makan tidak pakai sendok, tetapi pakai tangan, makanya kenapa ada kobokan (cucian tangan).

11 Comments to "Katupat Kandangan – Banjarmasin"

  1. 2 January, 2013 - 21:50 | Permalink

    ketupat kandangan lain dari yg lain rasa wenak nya.

  2. Kamal Ansyari's Gravatar Kamal Ansyari
    19 April, 2010 - 10:55 | Permalink

    Makasih sudah mempromosikan Ketupat Kandangan.
    Ketupat Kandangan selalu enak tuk di santap, apalagi kalau pakai tangan.Coz di kota Kandangannya sendiri sudah jadi ciri khas warganya kalau makan ketupat kandangan tidak pakai sendok,agak aneh memang tp itulah tradisi turun temurun Kota Kandangan.

  3. cinta jermana's Gravatar cinta jermana
    13 October, 2009 - 14:25 | Permalink

    orang kandangan memang pake tangan makan ketupat,, kuahnya buat lebih berasa,, cinta laura makan sushi malah ngga d masak,, ati2 ,, pake garpu,, ntar becek tangannya,,si benny orang mana seh,, masa kobokan d minum,, ooo, orang eropa kali,, ck,ck,, ati2 ya makan makanan Indonesia,,, hebat prasetyo ternyata nama belakang orang eropa,, ck, ck, ck

  4. 16 September, 2009 - 11:34 | Permalink

    salam kenal bro…
    liat blog nya keren bgt nih..
    apalagi foto2nya..
    jd tertarik pengen komen soal ketupat kandangan ini,.
    di Banjarmasin ada warung ketupat kandangan yg uenak bgt.di jalan belitung darat…1 porsi cuman 7000..
    slurp…
    ditunggu kedatangannya di blog saya..
    sesama penyuka jalan2 dan kuliner..

  5. Yusuf Durab's Gravatar Yusuf Durab
    8 February, 2009 - 05:46 | Permalink

    Orang kandangan memang makan Ketupat Kandangan pake tangan, kuahnya akan kering sendiri ketika ketupat tersebut dilumat-lumat / dihancur menjadi seperti nasi putih biasa. kalo udah pernah nyoba, wah… pasti ketagihan deh, apalagi kalo sambalnya yang pedas banget ….

    ada tambahan bahwa Ketupat Kandangan beda sama makanan lain yang disebut Lontong Bakuah (kaya opor), kalau lontong bakuah tersebut memang dimakan pake sendok…

    by: asli kandangan

  6. mya's Gravatar mya
    8 February, 2009 - 05:42 | Permalink

    Orang kandangan memang makan Ketupat Kandangan pake tangan, kuahnya akan kering sendiri ketika ketupat tersebut dilumat-lumat / dihancur menjadi seperti nasi putih biasa. kalo udah pernah nyoba, wah… pasti ketagihan deh, apalagi kalo sambalnya yang pedas banget ….

    by: asli kandangan

  7. cinta-laura's Gravatar cinta-laura
    19 May, 2008 - 16:07 | Permalink

    ben’ loe yakin org2 yg mkn ketupat “kandangan” pake tangan?
    gimana makan kuahnya??
    apa kuahnya juga buat kobokan???

Komentar di sini yuk ..