Banjarmasin lagi, wisata kuliner lagi ..

Berkunjung lagi ke Banjarmasin dengan waktu kunjungan yang cukup singkat yang cuma 2 hari, saya mencoba untuk memaksimalkan potensi explore kuliner di daerah Banjarmasin. Mau tau kemana aja ?

Berkunjung lagi ke Banjarmasin dengan waktu kunjungan yang cukup singkat yang cuma 2 hari, saya mencoba untuk memaksimalkan potensi explore kuliner di daerah Banjarmasin. Hari pertama relatif tidak banyak yang di kunjungi hanya makan siang di soto banjar. Soto Banjar saya lumayan suka rasanya karena segar dan sedap banget karena menurut lidah saya rempah nya melimpah. Soto Banjar bisa dimakan pakai lontong ataupun nasi, kalau nasi jangan lupa bilang sop ya, karena klo bilang soto banjar, maka yang keluar nanti pakai  lontong. Kemarin coba makan di soto banjar bawah jembatan, di bawah jembatan jalan gatot subroto yang membelah sungai Martapura. Lumayan enak, harganya pun bersahabat, tapi kamera gw ketinggalan euy .. sayang banget padahal sambil makan bisa jepret2 boat yang lalu lalang di samping rumah makan, karena sebagian rumah makan ini berada di atas air. Ada lagi Soto Yana Yani yang menurut informasi paling terkenal tapi karena kesasar dan keterbatasan waktu tidak sempat mampir. Rumah makan lain yang saya kunjungi yaitu Rumah Makan Cendrawasih yang ada di jalan Pengeran Samudera, rumah makan ini menyediakan  macam2 makanan khas Banjar, seperti ikan patin bakar, udang bakar, pais ikan, ikan seluang, dll. Di sini juga jual telur penyu juga lho, dengan harga 9000 rupiah perbutir memang cukup mahal karena telur ini cukup langka, dan saya hanya makan 1 butir saya telur yang sudah dimasak. 1 piring disediakan 5 butir dan cukup bayar yang dimakan saja. Cukup cubit kulit telurnya terus di hisap. Kalau mau bawa pulang juga bisa. Ternyata setelah tahu hukuman mengenai perdagangan telur penyu, saya jadi tidak berniat lagi untuk makan telor penyu, berdasarkan UU No. 5 tahun 1990 yang mengatur tentang konservasi konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. Hati hati lho yang memperdagangkan dan konsumen bisa terjerat hukuman 5 tahun dan denda 100 jt rupiah. Yuk dukung kelestarian penyu sambil mendukung keragaman hayati, yang membuat bumi ini makin indah. Setuju gan ? :D

Uniknya di samping rumah makan ini ada toko souvenir untuk di beli, mulai dari kayu pasak bumi, kain khas Banjarmasin, kalung batu2 dari martapura  dan banyak lagi.

1.  udang-telor-penyu-rm-cendrawasih 2. rumah-makan-cendrawasih-banjarmasin 3. 

1,2 Menu udang bakar + telur puyuh di rm cendrawasih.
3. Hidup makin susah 1 orang 4 kail + 1 senar, luar biasa. Di sungai martapura Banjarmasin Kalimantan Selatan.

4 Comments to "Banjarmasin lagi, wisata kuliner lagi .."

  1. Padi City Resort's Gravatar Padi City Resort
    17 May, 2013 - 09:36 | Permalink

    Informasinya sangat menarik. Nice info. Thx :)

  2. Bromo Travelling's Gravatar Bromo Travelling
    16 May, 2013 - 12:26 | Permalink

    artikel dan foto-fotonya keren keren boss.. Terimakasih infonya

  3. Randall Hart's Gravatar Randall Hart
    20 December, 2011 - 09:12 | Permalink

    semoga sukses dan lancar dalam menjalankan usahanya.

  4. MK's Gravatar MK
    28 January, 2011 - 17:12 | Permalink

    Nah, kalo untuk yg suka bebek & berdomisili di Banjarmasin.. ada tempat enak u/makan BEBEK PENYET !!! Meresap sd ke tulang bumbunya uenakk… anak saya suka banget. Murah & tempatnya nyaman. Ayam penyet 15rb udah lengkap teh es & nasi, kdg gratis sayur asem! Bebeknya mulai 17rb… Bagi yg suka Bandeng Presto Penyet jua ada per ekor, otak-otak, TTM penyet…. trus ada kopi tubruk & rotibakar kandel.. Tebel pol!
    Nih alamatnya:
    TEKOHOKI KOPITIAM
    Specialist: Bebek Penyet, Soto Lamongan, Roti Bakar & Teh/Kopi Tubruk!
    Jl. KH HASAN BASRI No.2 RT.16 DEPAN MINIMARKET TULIP /POS POLISI SIMPANG 3 KAYUTANGI BANJARMASIN Tel: 0811518795
    DIJAMIN BEBAS BAU AMIS
    Cobain deh!

Komentar di sini yuk ..