Rawon apa yang enak selain Rawon Nguling ? Rawon di Pasuruan tempatnya..

Nasi Rawon adalah masakan khas Jawa Timur yang bumbu utamanya adalah kluwek. Dalam bahasa Betawi, kluwek disebut pucung. Masakan Betawi juga mengenal kuah pucung yang sangat mirip rawon, tetapi proteinnya adalah ikan – bukan daging sapi. Di Pekalongan,  masakan berkuah yang mirip rawon disebut garang asem. Di Makassar juga ada palu kalua yang mirip kuah pucung Betawi – juga untuk masakan ikan. Tetapi, bagi saya, rawon Jawa Timur adalah sang juara dunia. Warnanya hitam kelam, aromanya khas, dan kluweknya memberikan rasa yang mantap. Untuk membuat rawon karena menuntut ketepatan tinggi untuk menyeimbangkan bumbu-bumbu seperti: kluwek, kemiri, daun jeruk, daun salam, sereh, dan bawang merah.

Rawon di sajikan dengan tauge pendek yang belum jadi, sehingga rasanya manis, dan sambal.

Dimana mencari rawon yang enak ?

Siapa yang tidak tau Rawon Nguling ? yang terletak di Kampung Nguling, bagian dari Desa Tongas. Rawon ini sangat legendaris karena sudah sejak tahun berdiri sejak 1942, dan Basuki Abdullah dan Maestro Affandi pun pernah bersantap disini.

Rawon di Nguling memang rawon dengan rasa sangat luar biasa dengan berbagai pilihan rawon antara lain rawon iga sapi, rawon buntut, rawon paru, rawon lidah, rawon limpa, dan sebagainya.

Jika kebetulan ke Jawa Timur mencari tempat makan rawon yang enak selain Rawon Nguling di Pasuruan ada 3 tempat yang bisa dijadikan untuk bersantap nasi rawon. 3 tempat ini mempunyai nama nama yang hampir mirip, nggak jelas juga kenapa mirip apa mereka semua bersaudara ?

Nama tempat penjual rawon ini antara lain : Rawon Sakinah, Rawon Saminah dan Rawon Sarinah. Mirip mirip bukan ?

Tapi dari 3 itu Rawon Sakinah dan Rawon Sarinah yang saya sudah pernah coba.

Rawon Sarinah rasanya memang lumayan, tapi rawon sakinah, lebih superior dari segi kemantapan rasa dan penyajian. Apalagi dengan adanya tambahan sajian sate komoh yaitu sate dari daging sapi berukuran besar yang mirip empal berbumbu basah yang diakhiri dengan membakarnya sebentar di atas bara arang.

Kabarnya ada juga di Banyuwangi juara rawon lainnya yaitu Rawon Bik Atik, mudah2an kesampaian untuk mencobanya.

Selain Nasi Rawon makanan Jawa Timur favorit saya lainnya yaitu Kupang Lontong yang menggunakan bahan dasar kerang.

Komentar di sini yuk ..

3 Trackbacks to "Rawon apa yang enak selain Rawon Nguling ? Rawon di Pasuruan tempatnya.."

  1. on 1 June, 2013 at 19:47
  2. on 13 November, 2012 at 15:09
  3. on 3 March, 2012 at 19:39