Air Terjun Grojogan Sewu – Tawangmangu

Untuk menuju Air Terjun Grojogan Sewu yang berada di Tawangmangu, dari jalan raya Solo – Tawangmangu terus saja menuju arah Pasar Tawangmangu. Sebelum masuk pasar Tawangmangu akan ada restribusi rp. 1000 untuk motor, rp. 5rb untuk mobil dan rp. 20rb untuk bis.
Setelah sampai pasar Tawangmangu sekitar 500 meter kemudian ada petunjuknya ke arah kiri untuk  ke Grojogan Sewu masuk saja, nanti turun dan bisa parkir kendaraaan atau mobil di bawah. Tapi jika mau menginap dibawah ada hotel di dekat Grojogan Sewu yaitu River Hill, model kamarnya juga bukan kamar kecil2 tetapi kamar dengan jumlah bed yang banyak.

Untuk hotel River Hill berdasarkan brosur di 2012 :
1. kamar standart 400rb untuk 4 orang dengan 1 kamar mandi dalam dan teras
2. kamar superior 800rb untuk 8 orang dengan 3 kamar mandi dalam dan teras
3. kamar superior 1,2jt untuk 12 orang dengan 3 kamar mandi dalam dan teras

Tapi itu belum termasuk makan sepertinya karena harga paketnya 180rb per orang termasuk makan 3 kali. Tetapi pas lebaran ini harganya jadi 250rb per orang untuk paketnya. Dengan pemandangan lembah gunung bagus sekali view nya. Jika tidak berminat menginap langsung lurus saja menuju gerbang Grojogan Sewu.

Jika sudah sampai ke gerbang Grojogan Sewu waterfall kita untuk harus membeli tiket masuk ke tempat wisata seharga 9rb untuk local visitor dan 19rb untuk foreigner (wisatawan asing).

Setelah masuk kita perlu meniti tangga ke atas sekitar 5 menit klo terbiasa nanjak, tapi kalau santai 15 menit lah, nggak jauh kok. Pada waktu itu sedang tidak musim hujan jadi air terjunnya tidak terlalu besar, mungkin jika musim hujan air terjun dengan ketinggian 81 meter ini akan lebih deras airnya. Air terjun ini terletak di kaki gunung Lawu di ketinggian 2632 meter. Jika sudah sampai sampai ke tempat air terjunnya ternyata ada kolam berenang nya juga, tapi saya baru tau ketika balik pulang dan dari atas kelihatan ada kolam renang, tapi mau balik turun ke bawah males.. lagian dingin2 berenang males banget ..

Kalau capek sehabis jalan dan lapar di air terjun Grojogan Sewu paling banyak yang jual sate ayam dan sate kelinci, 1 porsi satu ayam + lontong 8rb klo sate kelincinya 10rb sudah termasuk lontong.

Puas makan sate kelinci, jalan kaki menuju tempat parkir untuk balik ke hotel tempat kami menginap di Jawa Dwipa Resort Hotel, untuk melanjutkan ke tempat wisata ziarah yaitu makan keluarga Suharto di Astana Giri Bangun.

Komentar di sini yuk ..

4 Trackbacks to "Air Terjun Grojogan Sewu – Tawangmangu"

  1. on 27 August, 2012 at 15:21
  2. on 27 August, 2012 at 00:08
  3. on 26 August, 2012 at 23:39
  4. on 26 August, 2012 at 22:41