Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong, Semarang

Pagoda Avalokitesvara yang terletah di daerah Watu Gong (arah ke Ungaran dari Semarang), tepat di depan Markas Kodam Diponegoro ini, tercatat sebagai Pagoda tertinggi di Indonesia setinggi 45 meter. Pagoda ini diresmikan pada tahun 2006 dan memiliki tujuh tingkat yang makin lama ke atas makin kecil. Pagoda ini tidak mempunya tangga untuk naik keatas jadi tidak bisa dinaiki.
Di tiap tingkatnya diletakkan patung Dewi Kwan Im yang dikenal sebagai Dewi Welas Asih. Di depan pagoda pun Patung Kwan Im tersenyum menyambut. Karena itu banyak juga menyebut pagoda ini sebagai pagoda Kwan Im.

Tepat di dalam pagoda terdapat patung Bodhisattva Avalokiteswara. Di depan patung inilah biasanya pengunjung melakukan Tjiam Shi. Sebuah ritual untuk mengetahui nasib manusia. Caranya dengan menggoyangkan beberapa batang bambu yang sudah diberi tanda hingga salah satunya jatuh. Anda bisa meminta petugas di sana untuk membacanya.

Sebelum menapaki tangga menuju pagoda, kita bisa melihat patung Sidharta Gautama tengah duduk di bawah pohon Bodhi. Pohon dengan nama latin Ficus religiosa ini juga tumbuh di areal Candi Borobudur. Pohon bodhi ini di tanam pada tahun 1955 oleh Narada Mahathera.

1.  2.  3. 

Di area belakang terdapat patung sleeping budha, yang disampingnya saya mengamati terdapat Pohon besar yang sepertinya ditumbuhi tumbuhan gulma yang bunganya berbentuk sangat unik.

4.  5. 6.

Selain Pagoda Avalokitesvara ini di Semarang terdapat pula bangunan berkarakter arsitektur china yaitu Klenteng Sam Poo Kong dan Klenteng Tay Kak Sie di Daerah Gang Lombok.

2 Comments to "Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong, Semarang"

  1. 9 November, 2013 - 07:03 | Permalink

    ni di buka buat umum gak?tiket masuknya brapa?

Komentar di sini yuk ..