Jamu Jun dan Es Gempol, minuman tempo dulu khas Semarang

Meskipun ketika sekolah dan kuliah di Semarang, belum pernah sekalipun mendengar ada minuman yang bernama Jamu Jun, baru tau ketika di Jakarta diberi update info ada minuman penghangat badan khas Semarang yang bernama Jamu Jun.

Saya pikir ini jenis minuman yang baru dikreasikan ternyata nggak lho, minuman ini ternyata sudah lama ada di Semarang, cuma memang sekarang sudah sangat jarang yang menjualnya.

Jadi Ketika hari masih pagi saya meluncur untuk menuju penjual Jamu Jun “Wijoyo” yang terletak di Lampersari Raya Semarang.

Sempat bertanya2 pada diri saya sendiri seperti apa ini rasanya apakah pahit seperti jamu ? ternyata setelah mencoba rasanya luar biasa lho meskipun terdiri dari bermacam macam rempah rempah tetapi rasa jamunya hampir tidak terasa yang ada cuma rasa segar di mulut dan di badan juga tentunya menjadi hangat.

Menurut saya minuman ini memang hanya cocok dikonsumsi pada waktu pagi hari dan malam hari terutama ketika cuaca dingin. Menurut penjualnya minuman ini bisa menghangatkan badan jadi kapanpun jika badan merasa tidak enak atau masuk angin pasti cocok cocok aja ..

Mau tau kenapa disebut Jamu Jun ? karena minuman ini sejenis jamu yang terdiri dari rempah rempah dan diletakkan didalam Jun semacam kendi atau gentong dari tanah liat.

Minuman ini terbuat dari campuran air, tepung beras, tepung ketan, santan, gula pasir, gula jawa, daun pandan serta 18 jenis rempah yang di sebut sariwangi batanget. Bahan rempah antara lain jahe, serai, merica dan kayu manis.

Biasanya ketika disajikan, jamu jun akan di tambahi selo (bubuk putih dari bahan herbal), bubuk merica, dan bola-bola kecil berwarna coklat yang biasa disebut krasikan yang terbuat dari parutan kelapa, jahe dan gula merah, cuma waktu saya pesan ini nggak dikasih mungkin beda2 meraciknya ya :)

Nah buat yang bedannya sedang fit, boleh mencoba Es Gempol yang merupakan es khas Semarang. Gempol yang berwarna putih terbuat dari tepung beras, begitu pula dengan plered isi es yang berwarna merah. Rasa keduanya tawar. Tapi ketika bercampur di mulut dengan air es yang diberi taburan gula halus dan disiram dengan air santan dan air es, beughh.. mantap man seger cocok bener dengan cuaca semarang yang memang panas.. Jika ke Semarang sempatkanlah mencoba, karena ini kuliner sudah langka. Selamat mencoba ..

11 Comments to "Jamu Jun dan Es Gempol, minuman tempo dulu khas Semarang"

  1. 26 January, 2016 - 11:18 | Permalink

    Jamu Jun di Semarang bisa ditemui di Pasar Tiban Stadion (setiap hari Minggu), Pasar Tiban Taman KB/belakang DPRD (setiap hari Jumat pagi), atau setiap Jumat malam s/d Sabtu malam di Pasar Semawis (Pecinan/Gang Baru)

  2. Rk-Rg's Gravatar Rk-Rg
    29 January, 2015 - 15:04 | Permalink

    Terakhir kami dr sby plg smrg akhir 2014 jamu jun n es gempol dpn toko cristy tlogosari. Smoga aja lbrn nanti msh jualan….
    Uenak pooolll…

  3. luche's Gravatar luche
    13 October, 2012 - 06:04 | Permalink

    Terakhir minum jamu jun pas SD kelas 1 atau 2 (belasan tahun yang lalu), rasanya msh kebayang… kangennyaa…. sayang skg udh jarang yg jual

  4. Nila Lazuardi's Gravatar Nila Lazuardi
    30 March, 2012 - 08:35 | Permalink

    Es Gempol kesukaan saya waktu kecil sampai sekarang, tapi sekarang susah sekali ya cari nya :)

  5. tina's Gravatar tina
    27 November, 2011 - 03:21 | Permalink

    Ceritanya lagi “ngidam” jamu jun search di gogel nemu di webnya bapak,dismg ada yg jual juga ya?perlu dicoba tuh,terakhir minum jamu jun th 1990an wkt jaman SD…

  6. Daru's Gravatar Daru
    1 August, 2011 - 08:58 | Permalink

    Jamu Jun kaya’nya memang nyusss ya..

  7. Daru's Gravatar Daru
    1 August, 2011 - 08:56 | Permalink

    Jamu Jun sepertinya mantap banget saat musim sering ujan gini, nyusss.. Nice posting bro.

  8. 8 July, 2011 - 15:13 | Permalink

    Es gempol itu kelihatannya enak banget ya apalagi kalo disantap sekarang pas cuaca panas begini.Pasti segar…

Komentar di sini yuk ..