Nikmatnya sate ayam gebyur kuah Pekalongan

Pernah makan sate pake kuah ? Saya sendiri baru lihat sate yang unik ini di Pekalongan. Sate ini hanya dijual dipinggir jalan dengan menggunakan songkro atau gerobak.. Bahkan temen saya yang lahir dan besar di Pekalongan pun nggak tau namanya sate ini. Satenya bernama sate gebyur kuah kata penjualnya yang artinya sate siram kuah. Satenya nggak disiram benar, tetapi kuahnya dipisah …

Sate yang dijual sebenarnya sate ayam biasa tapi uniknya dengan kuah. Walaupun di satenya sendiri sudah ada campuran kuah kecap sate yang encer. Kuah sate nya sendiri berwarna agak kuning, kalau saya rasa seperti kuah kare tapi rasanya agak ringan jadi nggak terlalu eneg.

Saya diajari kawan cara makannya, habis makan satenya terus seruput kuahnya.. hmm enak sih.. jangan lupa kuah kari nya dicampur dengan kuah kecap yang ada di satenya. Rasanya makin nendang ..

Mereka jual juga lontong sebagai teman makan sate. Kalau mampir ke Pekalongan boleh dicoba ini satenya biasanya di pinggir jalan dan jam 7 sampai 8 pagi sudah habis biasanya. Saya waktu itu beli di pinggiran jalan Hayam Wuruk. Lucunya lagi katanya yang berjualan sate gebyur kuah ini rata rata mereka bersaudara entah kandung atau sepupu.

25 tusuk sate dan 6 lontong cukup ditebus dengan harga 43 ribu saja. Cukup murah kan ?

1 Comment to "Nikmatnya sate ayam gebyur kuah Pekalongan"

  1. luthfisetyawanan's Gravatar luthfisetyawanan
    4 August, 2013 - 11:36 | Permalink

    wouww,,,rasanya kayak apa ya?

Komentar di sini yuk ..