Wisata air terjun Sentul Paradise (Curug Bidadari)

Tak perlu sampai ke Bogor atau Puncak Pass, saya juga tak menyangka tidak jauh dari kota Jakarta di belakang perumahan Sentul, ada tempat wisata air terjun yang buat saya cukup menakjubkan yaitu Curug Bidadari / Sentul Paradise.

Tempat ini dekat sekali dengan Jakarta dengan catatan kalau nggak macet .. hehe. Untuk menuju lokasi ini, kalau bawa mobil dari tol jagorawi keluar di pintu tol Sentul Selatan kemudian belok kiri dan terus saja sampai ada simpangan jalan serong ke kiri. Nanti akan melewati perumahan perumahan di kawasan Sentul sampai akhirnya masuk ke jalan desa.

Jalanannya pada waktu itu cukup bagus walaupun sekitar 1 km mendekati lokasi jalannya aspalnya lumayan banyak terkelupas aspalnya. Sebaiknya jika kesini menggunakan kendaraan yang selain sedan, walaupun bisa tapi sayang saja. Dan saya agak meragukan keamanan jalannya jika pada kondisi hujan dan licin karena ban bisa berputar ditempat kalau pada waktu pulang menanjak. Ini juga mirip mirip waktu ke Curug Pangeran Kawasan Wisata Gunung Salak Endah, di Gunung Bunder cuma di Gunung Salak Endah batunya lebih besar dan lebih lepas.

Sebelum gerbang masuk, diminta 5000rb dengan alasan restribusi perbaikan jalan, memang jalanannya rusak, tapi nggak ada tiketnya. Biasa banget dah yang begini di Indonesia.

Syukurlah saya akhirnya sampai di gerbang masuk Sentul Paradise, pada waktu itu harga baru naik untuk liburan akhir tahun mulai tanggal 20 Desember 2014 perorangnya kena 40rb dan mobil 10rb jadi total 90rb berdua.

pintu masuk sentul paradise

pintu masuk sentul paradise

Sampai tempat parkirnya, langsung terdengar gemuruh suara air, wah air terjunnya gede juga ya jadi nggak sabar buat segera nyemplung.

air terjun sentul paradise

air terjun sentul paradise

Tempat ini mempunyai air terjun yang cukup besar debit airnya, tempat air terjunnya dikelola sehingga menjadi tempat wisata sekaligus tempat berenang untuk umum dan juga disediakan tempat makan ada tempat untuk berenang dan ada tempat makannya.

Segera lepas baju ganti celana pendek, ada tempat ganti atau toilet cukup bayar 2000 rupiah, sehabis itu langsung lari menuju sumber air terjun, woww nggak nyangka airnya sangat deras sekali dari atas bahkan saya ngeri untuk berada dibawah air terjunnya, luar biasa kekuatan air ini saya membayangkan bagaimana kuatnya kekuatan air jika ada banjir bandang jadi merinding jadi nggak berani dibawah jatuhnya air.

Jadi saya hanya main di pinggiran pusat jatuh air terjunnya sampai puas menikmati percikan airnya. Dari air terjun ini dibawahnya airnya ditampung untuk digunakan bermain dan berenang, cuma agak kebersihannya agak kurang lantai2 nya licin berlumut dan sebagian lebih baik karena berpasir.

air terjun sentul paradise 1

air terjun sentul paradise 1

 

air terjun sentul paradise 2

air terjun sentul paradise 2

Mungkin karena airnya dari air sumber tidak menggunakan filtering / obat atau mungkin juga karena sirkulasinya kurang baik sehingga airnya keruh dan sedikit kotor terutama di ujung dekat pintu air tempat turunnya air.
Setelah puas menjelajah dari ujung ke ujung saatnya untuk pulang, apalagi mendung sudah menggayut, kayanya sebentar lagi hujan. Setelah beres ganti baju langsung bergegas supaya jangan kehujanan di perjalanan takut licin selama perjalanan pulang.

So far tempat ini cukup menakjubkan air terjunnya, worthed bila datang di hari biasa lebih murah tiketnya dan tidak terlalu penuh.

17 Comments to "Wisata air terjun Sentul Paradise (Curug Bidadari)"

  1. 14 December, 2016 - 21:16 | Permalink

    Informasi menarik.

    Jika misalnya berkunjung dilokasi, ada perkiraan biaya yang bisa di share?

    Terima kasih banyak sebelumnya :)

  2. 2 August, 2016 - 02:36 | Permalink

    rumah saya di bogor tapi belum pernah kesini. kapan-kapan mau nyobain ah, ngomong-ngomong soal pungli makasih banget infonya jadi bisa hati-hati.

  3. 15 February, 2016 - 12:51 | Permalink

    enak banget ya itu, berenang langsung dari air terjun..
    dingin nya kaya gmn ya itu brrrr

  4. 30 January, 2016 - 00:22 | Permalink

    keren euy view curug nya jadi berasa pengen mandi aja tuh di curug nya

  5. 7 January, 2016 - 04:04 | Permalink

    macam Ancol, tapi versi alam :D keren mas, pantas di coba

  6. 16 December, 2015 - 12:38 | Permalink

    penasran ama curug ini kak

  7. 30 November, 2015 - 20:34 | Permalink

    penataan wisata air terjunnya menarik..
    boleh deh kapan2 mampir ke tempat ini

  8. 8 September, 2015 - 13:50 | Permalink

    Itu ada kolam waterboom nya ya? Keren tuh ide curug bidadari digabung dengan kolam water adventure. Jadi pengen ke sana weekend ini

  9. 23 June, 2015 - 17:01 | Permalink

    kenapa dinamain curug bidadari ya mas..hihi

    • 27 December, 2015 - 07:40 | Permalink

      Dinamakan curug bidadari karena biasanya setelah hujan akan tampak bias pelangi yang jatuh tepat ke curug ini. Karena pelangi jaman dulu diyakini sebagai jembatan para bidadari dari surga turun kebumilah mknya curug ini dinamakan curug bidadari.

  10. Kopral Suling's Gravatar Kopral Suling
    14 June, 2015 - 06:04 | Permalink

    Kalo ini sih dkt bngt sma tmpat tinggalku

  11. nonny's Gravatar nonny
    23 May, 2015 - 11:27 | Permalink

    tau no tlp kantor pengelola nya ga? sy cari di web ga ada, trims

  12. 12 May, 2015 - 11:55 | Permalink

    Curug Bidadari Please Wait I’m Coming .. :D

  13. 2 April, 2015 - 11:47 | Permalink

    Ada transportasi umum menuju air terjun sentul ini kah? :D

    • 5 April, 2015 - 06:54 | Permalink

      Waktu kesana, kalau lihat aksesnya sih nggak ada transportasi umum. Karena lokasinya di dalam area perumahan lalu tembus ke jalan desa..

      • dedeh's Gravatar dedeh
        19 February, 2016 - 08:46 | Permalink

        denger 2 akses menuju lokasi jalan rusak dan banyak pungli2 di perkampungannya? bener ga ya?

        • 23 March, 2016 - 18:57 | Permalink

          Iya banyak pada minta uang perbaikan jalan tapi cuekin aja bilang “maaf..”
          Kecuali pada saat belokan ke arah lokasi nah d situ pasti di berhentiin bayar uang perbaikan jalan 5rb, setelah itu masuk k dalam jgn bayar2 lg kecuali di pos tiket.

Komentar di sini yuk ..