Kuliner di emperan Suryakencana, Bogor street food

Bogor dikenal sebagai kota hujan, dimana rata rata curah hujannya lebih  tinggi dibandingkan kota lain di sekitarnya. Karena tingginya tentu membuat kota Bogor menjadi lebih sejuk suasananya apalagi ditambah adanya paru paru kota bogor yaitu Kebun Raya Bogor.  Hmm, suasana yang begini memang paling membuat selera buat makan terbit, karena itu nggak heran di Bogor banyak sekali tempat makan yang menjadi favorit untuk makan.

Saya sendiri pernah mencoba beberapa tempat makan yang ada di Bogor, tetapi street food atau jajanan pinggir jalannya yang menurut saya paling jos..

Street food di Bogor paling terkenal ada di jalan Suryakencana, itu pun baru  tau setelah mencoba beberapa model rumah makan resto. Ternyata street food nya jauh lebih nendang menurut saya, mantap banget rasanya. Walaupun tempatnya ya gitu namanya di pinggir jalan, pakai gerobak, kursi kadang terbatas kalau lagi rame, ngantri waiting list. #jiahh

Nama jalannya catet ya, Jl. Suryakencana untuk menuju tempat ini sangat dekat dengan pintu tol keluar bogor. Dari pintu tol pertigaan ambil lajur paling kanan terus belok ke kanan. Kemudian lurus sampai terlihat lampu merah yang ada tugu senjata khas Kujang belok kiri, itu jalan Otto Iskandardinata melewati pasar sampai terus saja nanti ada belokan ke kiri itu sudah jalan Suryakencana, nanti pas ada tanda parkir khusus disitulah tempat jajanannya. Kalau mau parkir murah sebelum tanda parkir khusus.

parkir khusus jalan suryakencana bogor

parkir khusus jalan suryakencana bogor

Ini pertama kali saya jajan di Suryakencana, wuih jalanannya memang menuju kesana cukup macet karena melewati pasar, dan parkirnya masuk area khusus jadi mobil parkir di pinggir jalan mahal, waktu itu abang parkirnya saya kasih 2rb balik menyodorkan tiket resmi 5rb rupiah (area parkir khusus). #nyengir

Habis parkir coba mencari makanan berat dulu, jujugan pertama yaitu bakso  kikil. Baksonya terletak di emperan depan toko olahraga, pas di seberangnya Bakmi Aloi.

Penjual bakso ini pakai gerobak warna coklat duduknya juga  pakai kursi bakso, di emperan toko. Harap ngantri kalau kursi baksonya penuh.

Namanya bakso kikil pak Jaka, saya baru tau namanya setelah kedua kali datang dan memperhatikan detail namanya tertulis rapi di gerobaknya. Jadi kalau cari cari tulisan di kain khas jajanan di jalan nggak bakalan ketemu. Rasanya enak banget rasanya dan ada pilihan kikilnya, kita bisa pilih yang kita sukai, nanti akan di potong potong dan dimasukkan ke dalam mangkok beserta kuah dan baksonya.

bakso kikil suryakencana bogor

bakso kikil suryakencana bogor

kikil bakso suryakencana bogor

kikil bakso suryakencana bogor

bakso kikil suryakencana bogor 2

bakso kikil suryakencana bogor 2

Wah, tambah sambal hijau nya sruppp, hmm .. pedes sama gurih nikmat ..

Nggak kerasa nggak perlu waktu lama, mangkok sudah kosong. Keringat bercucuran .. sshhhh ahhh …

Next cari obat nya yaitu minuman yang seger seger. Nggak jauh dari situ ada penjual bir pletok atau bir kotjok, Bir ini dingin dan rasanya seger. Murah saja cukup 3000 perak.

Bahan bahannya terdiri dari jahe, kayu manis, dan gula aren. dingin seger tapi anget di badan.

bir kocok suryakencana bogor

bir kocok suryakencana bogor

Masih belum puas, menuju penjual jajanan macam macam pepes, seperti telor  asin, jamur, kakap dll. Tapi favorit saya yang saya coba pepes sagu, isinya ada pisang, keju, nangka waduh benar benar makanan penutup lezat dan memuaskan.. rasanya mantap banget, benar benar enak rasa buahnya pisang, nangka juga terasa sekali dan manis manis plus rasa bakaran, mantep banget.

pepes sagu suryakencana bogor

pepes sagu suryakencana bogor

pepes sagu suryakencana bogor 2

pepes sagu suryakencana bogor 2

pepes sagu pisang suryakencana bogor

pepes sagu pisang suryakencana bogor

Habis itu pulang ditagih parkir mobil 5 ribu rupiah, gpp deh masih senyum senyum karena puas rasanya hari ini  dapat jajanan enak di Suryakencana :)

6 Comments to "Kuliner di emperan Suryakencana, Bogor street food"

  1. 30 January, 2016 - 00:28 | Permalink

    huhu jadi baper.. ehhhhh laperrrr :P

  2. 24 June, 2015 - 18:32 | Permalink

    Perjalanan menuju di dalam kota Bogor yang macet bakal terobati jika sudah mencicipi kuliner khas Bogor di Suryakencana.

  3. 2 April, 2015 - 11:48 | Permalink

    Cateet! Mau banget kulinernan disini deh :D ngiler sama bakso kikilnya :9

  4. 29 August, 2014 - 08:20 | Permalink

    Jalan ini sepertinya ngehits banget buat hunting kuliner di Bogor ya? Berkali-kali ke Bogor tapi blm sempet aja main di mari

Komentar di sini yuk ..