Kemping ceria di Curug Cilember Puncak

Entah kenapa akhirnya bisa terlaksana juga kemping ceria ini yang mulai dari berbulan bulan didiskusikan. Terlalu banyak orang dan terlalu lamanya menuju hari H membuat acara cenderung molor atau mungkin malah bisa bisa gagal total ini, Walaupun akhirnya mendakati hari H walaupun ada 1 yang mundur karena alasan pekerjaan, akhirnya semuanya sepakat untuk dapat berangkat kemping ke Curug Cilember. Yess …

Saya terakhir sering kemping bisa dibilang sudah sangat lama sekali pada saat jaman masih kuliah. Jadi inget masa2 senang pada waktu sekolah. Walaupun tahun 2013 sempat kemping pada saat naik Mendaki Gunung Slamet dalam rangka mempersiapkan fisik untuk trekking ke Everest Base Camp.

Berangkat dari rumah pagi pagi dengan harapan bisa sampai lebih pagi karena masih mau pinjam peralatan tenda dll nya di mrcamp.net yang ada di daerah Ciawi yang sejalur dengan perjalanan berangkat.

Buat yang belum pernah dan mau sewa peralatan kemping ke mrcamp, keluar tolnya di Ciawi, kemudian lampu merah belok kiri, setelah RSUD Ciawi belok kanan, lokasinya ada di depan BPT (Balai Penelitian Ternak) di samping Saung Wira sebelah kanan jalan.

Setelah mengambil perlengkapan dengan ukuran tenda untuk 5 orang, habis sekitar 300rb an untuk 1 tenda buat 5 orang, sleeping bag, matras, kompor parafin, parafin 2 box, misting 2 biji.

Setelah itu cuss berangkat ke Curug Cilember tapi harus ngantri dulu deh, karena pas buka tutup jalan ke atas.

Sebagai informasi buka tutup jalan ke arah puncak jadwalnya sbb :

Pagi jam 09:00 – 11:00 akan dibuka satu arah jalur ke arah Jakarta – Puncak

Sore jam 15:00 – 17:00 akan dibuka satu arah jalur ke arah Puncak – Jakarta

Dan ini dilakukan setiap hari Sabtu dan Minggu. waktunya umumnya sangat situasional tergantung dari kondisi di lapangan, biasanya jika buka tutup sudah mulai atau selesai polisi akan turun/ naik membunyikan sirine.

Suara sirine meraung raung, tak lama pak Polisi yang menjaga di dekat mobil kita, memberikan aba siap2 pak, pintu sudah dibuka, kami pun menyalakan mobil untuk menuju lokasi Curug Cilember.

Untuk mencapai Curug Cilember, dari Tol Jagorawi keluar arah puncak, dari Taman Matahari masih lurus lagi, nanti akan ada petunjuk arahnya, jadi cukup mudah. Lokasi masuknya pas sebelum hotel Puncak Raya ada jalan masuk ke kiri pas untuk 1 mobil jadi harus gantian, di depan pintu biasanya ada yang jaga mengatur keluar masuknya kendaraan.

jalanan masuk curug cilember

jalanan masuk curug cilember

Jalan masuk akses ke lokasi cukup mendebarkan dengan jalanan yang pas 2 mobil dan pandangan yang tidak bebas ada kalanya pertemuan dengan kendaraan lain secara mendadak, jadi harus ada yang mengalah untuk mundur.

Jalanan tidak terlalu menanjak, tetapi sebelum lokasi akhir ada tanjakan yang cukup terjal, bahkan pada saat itu ada mobil GrandMax yang tidak kuat sehingga penumpangnya harus turun, entah kenapa padahal saya bawa mobil 1000 cc saja kuat, dugaan saya waktu itu mungkin saja tanda tanda kopling mobil nya sudah mulai habis atau tidak bagus.

Akhirnya sampai juga ditempat parkir mobil, tempatnya cukup memadai dan bersih. Tapi banyak yang mencuci mobil kita tanpa diminta, saya lupa kasih tau bahwa mobil nggak usah dicuci, jadinya harus bayar 10rb pada waktu pulang untuk ongkos cucinya, padahal mobil saya masih bersih semalam baru dicuci, hmmm.. ini harus jadi PR buat pengelola minimal menanyakan perlu dicuci atau tidak ..

Ongkos parkir mobil sendiri untuk menginap 15rb, untuk tidak menginap 10rb.

Biaya masuk nya karena kita kemping, satu orangnya kena 21rb sudah termasuk masuk dan kemping.

pintu masuk curug cilember

pintu masuk curug cilember

Di hari Sabtu tempatnya cukup ramai orang yang datang untuk wisata, tanpa babibu kita bayar tiket dan langsung masuk untuk mencari zona kemping, ternyata dekat saja dari pintu masuk, hanya jalan kaki 10 menit, ini adalah zona kemping di curug 7, jika mau lebih tinggi lagi ada zona kemping di curug 5, harus naik lagi sekitar 15 menit.

Waktu itu jadi pertanyaan kita, rame banget yang kemping, kenapa tenda tenda udah banyak yang berdiri, setelah kita tau ternyata tenda tenda ini sudah didirikan dan siap disewakan, tanya2 sama orang ternyata harga sewanya sama dengan harga kita sewa tenda dan peralatan, lebih enak karena nggak perlu pasang dan bongkar tenda, sama nggak perlu ngembaliin yang tempatnya harus rada muter sedikit, tapi nggak apa2 buat pengalaman, jadi berikutnya jadi jadi tau.

area kemping ground curug 7

area kemping ground curug 7

Bahkan kalau kemping modal kolor doang juga bisa, makan tinggal beli atau diantar, bahkan mau pesan kambing guling juga bisa, what kambing guling ? ya mereka bilang bisa sekitar 1,5 jt rupiah untuk yang kecil.

Sebelum naik ke curug lebih atas, kita makan dulu di saung di bawah dekat tempat parkir, tempatnya lumayan cozy dan makanannya cukup lengkap. Setelah kenyang baru naik ke tenda, siapin air minum secukupnya dan berangkat naik ke curug yang lebih atas.

Semoga tidak terlalu sore untuk bisa naik ke atas. Untuk ke curug 5 tempatnya nggak terlalu jauh, jika stamina oke, 10 menit juga sampai, ini tempat lokasi curug yang paling ramai pengunjungnya .

curug 5 curug cilember

curug 5 curug cilember

Dekat curug 5 masih ada warung yang berjualan makanan, jadi kalau kelaparan jangan kuatir. Lanjut lagi ke Curug 4 jalanannya udah cukup terjal.

curug 4 curug cilember

curug 4 curug cilember

Habis dari Curug 4, ke curug 3 tapi entah kenapa nggak ketemu si curug 3 langsung ketemunya Curug 2, tempatnya rada2 spooky mungkin karena saya sendirian, dan tempat mulai sangat gelap karena lebat sekali hutannya dan nggak ada orang lain.

curug 2 curug cilember

curug 2 curug cilember

Habis dari Curug 2 sudah nggak ada waktu lagi ke curug 1, karena sudah kesorean dan waktunya katanya butuh waktu 3 jam untuk sampai ke lokasi. Jadi langsung balik ke Tenda

Meskipun dekat tenda kita ada warung yang buka 24 jam, tetapi kayanya nggak lucu kalau kemping tapi makan di warung :) Selain itu stok mie instan kita cukup buat satu hari jadinya malam kita masak sendiri, sambil beli kayu bakar 20rb satu ikat, lumayan buat mengusir hawa dingin di malam hari sambil buat bakar jagung. Jagung bakar mentah 5rb rupiah saja.

api unggun menemani makan malam

api unggun menemani makan malam

Semalaman karena nggak ada kegiatan lain, jadi di luar menghangatkan badan, sambil masak mie instant, sosis dan kornet, yum nikmat banngett.. sambil bercanda canda dan sharing cerita cerita seram… ini yang seru karena jadi bikin jiper untuk ke toilet. hehe

masak makanan curug cilember

masak makanan curug cilember

Masak satu kompir dilihatin orang 5, kayanya udah pada laper.. hehe

Habis makan becanda semalaman dan nggak terasa sudah jam 11 malam, jadi harus tidur karena besok harus pulang.

Pagi hari terbangun, jam 05.30 streching, sarapan pagi masak indomie dan kornet yang tersisa, tapi sosis sisa semalam tiba tiba tidak ada, sepertinya dimakan kucing yang dari semalam mondar mandir di sekeliling tenda kita.

Setelah sarapan melepas dan merapikan tenda buat kita balik, rasanya kemping cuma semalam terlalu pendek, tapi tambah satu malam lagi juga terlalu banyak .. btw kemping di Curug Cilember asyik juga buat alternatif yang bosan menginap di hotel yang gitu gitu saja.

Oh ya ini ada peta lokasi wisata di Curug Cilember kalau diperlukan :

map info curug cilember bogor

map info curug cilember bogor

6 Comments to "Kemping ceria di Curug Cilember Puncak"

  1. 22 June, 2016 - 16:45 | Permalink

    waaaah asik banget yah lkeping deket curug. seger kyknya. hahaha. btw udah pernah belum ngerasain winter camping? katanya lebih seru dari kemping di curug loh

  2. ari saputro's Gravatar ari saputro
    1 October, 2015 - 09:57 | Permalink

    kalau mau ke Cileumber, apakah ada nomer contact yg bisa bantu arrange? mungkin ada EO dst? hanya 15 orang

  3. 24 June, 2015 - 18:24 | Permalink

    Saya dan teman-teman kantor pernah juga ke sana. Memang jalan masuknya lumayan sempit. Seru juga ketika menyusuri jalan menuju curug yang paling atas… cape tapi mengesankan.

  4. 22 June, 2015 - 07:38 | Permalink

    Terima kasih artikelnya, terutama info jadwal buka tutup jalur puncak dan tempat penyewaaan peralatan camping..mantap.

  5. norman's Gravatar norman
    3 April, 2015 - 06:55 | Permalink

    Mantap INFO nya. ..

Komentar di sini yuk ..