Jalan jalan iseng mengurus mutasi STNK ke Samsat cibinong

Semoga iseng iseng ini bisa bermanfaat ya buat yang mau ngurus surat  mutasi masuk dari luar untuk daerah masuk ke Bogor.

Biasanya saya paling males ngurus2 beginian, mungkin karena saya lahir di era jahiliyah dimana birokrasi semuanya memang dipersulit dan tidak diperjelas. Apalagi saya ceritanya nih mau mutasi masuk kendaraan roda 2 dari Semarang ke Bogor. Nanya sama biro jasa dikenain 600 rebong, mahal bingit ya.. , kalo kata anak sekarang :)

Mana mau saya wong motornya juga klo dijual juga murah.
Akhirnya iseng lah jalan nyoba sendiri, jadi disini saya cuma ingin  share prosesnya supaya pada tau bagaimana dan tidak ngerasa di ping pong sana sini dengan syarat, semua persyaratan sudah lengkap ya .. :)

Pokoknya jangan percaya calo ya, kalau tau harga urus sendiri nyesek deh, nggak beda sama ngurus Passport yang juga harganya pake calo bisa 3 kali lipat.

Pertama lokasi Samsat Cibinong itu lokasinya ada di komplek  pemerintahan terintegrasi di Kota Cibinong. Kalau aksesnya dari Tol keluar tol Cibinong, setelah pintu tol belok kanan, itu terus saja sampai ada petunjuk untuk ke Pemda Cibinong belok kanan, patokannya adalah Mall Cibinong City ada di sebelah kanannya. Kemudian setelah itu lurus saja nanti sekitar 2 km lokasi nya ada di sebelah kanan tetapi kita harus masuk terlebih dahulu ke komplek pemerintahan kota Cibinong. Ada tulisannya Samsat Cibinong di dalam, kalau tidak tau bisa tanya ke orang sekitar.

Tempat parkir ke Samsat ini juga ada di ujung jalan, tempatnya enak dan teduh karena banyak pohon dan asyiknya ada Situ atau Danau namanya Situ Pemda Cibinong, membuat mata adem, situ ini mirip danau Toba karena ada pulau di tengahnya, asyik banget ..

situ pemda cibinong

situ pemda cibinong

loket mutasi dan cek fisik samsat cibinong

Loket mutasi dan cek fisik Samsat Cibinong

Syarat untuk mutasi masuk :

  1. Cabut berkas dari daerah asal, sorry saya nggak bisa ceritain soalnya yang ini saya diurusin.
  2. Kemudian setelah berkas lengkap, sebelum dimasukkan baiknya cek fisik terlebih dahulu karena loket buka jam 8 pagi. 1/2 8 abang abang untuk cek fisik sudah standyby buka lokasinya ada di parkir bawah dekat buat Plat Nomor. Bilang aja mau cek fisik untuk mutasi masuk, nanti semuanya akan disiapkan termasuk foto. Untuk biayanya sebenarnya gratis cuma, saya kasih 10rb atau 5rb juga gpp kok.
  3. Kalau sudah selesai masukkan ke lokasi mutasi Ex luar daerah lokasinya ada di parkir atas di loket luar sebelah kanan.
  4. Karena dokumen saya waktu itu ada kesalahan dari Samsat Semarang salah penulisan surat Tujuan mau nggak mau harus kirim balik untuk dibenerin dulu. Setalah benar saya terima saya masukkan ke loket Mutasi Ex Luar daerah kembali. Setelah benar lampirkan dokumen cek fisik untuk dimasukkan kedalam loket cek fisik yang berada di loket sebelah kanan Mutasi.
  5. Jangan lupa ada surat rekomendasi dari Polda Jabar untuk mutasi masuk, ini harus diproses di Bandung jika ada waktu, tapi saya titip saja ke Polres untuk secara kolektif, biayanya 200rb rupiah.
  6. 4 Hari kemudian sudah bisa diambil.
  7. Setelah dokumen kita lengkap akan diberikan kembali untuk kita masukkan ke loket pendaftaran yang ada di loket dalam paling kiri. Sebelumnya minta terlebih dahulu formulir pendaftaran yang ada di di loket luar sebelah kanan tempat fotocopy.
  8. Setelah kompit masukkan dan nanti akan dipanggil untuk diserahkan untuk mendapatkan BPKB yang kita serahkan di loket BPKB yang ada di luar (di area parkir). Biaya BPKB untuk motor 120rb rupiah.
  9. Setelah selesai masukkan lagi ke loket pendaftaran untuk mendapatkan cetak STNK baru, sebelumnya kita akan dipanggil untuk membayar di kasir.

Total waktunya 3 hari, cuma saya bisanya hanya sabtu minggu jadinya sekitar 3 minggu. Jika saja tidak ada kesalahan sih cukup 2 hari.

Semoga bermanfaat

Sebagai tambahan, 20 Desember 2014 mengurus mutasi yang sama, kondisinya sama persis hanya ini mengurus mobil, tapi ada bedanya kalau dulu surat rekomendasi diminta 200rb saya dibilangin lewat loket biayanya, tapi mungkin karena saya mengurus mobil, jadi disuruh masuk ke loket (tanda tanda nih) dan benar saja saya dibilangin ada biaya untuk surat rekomendasi jika mau diuruskan dan mereka bilang biayanya 750rb sampai jadi, what !!?? enak aja, saya nawar untuk rekomendasinya saja sisanya saya mau urus sendiri karena nggak susah. Tawar2 dengan berbagai alasan 300rb angka yang diminta mereka untuk surat rekomendasi.

Buat pak Kapolda Jabar, saya ingin memberi masukan entah bagaimana caranya, walaupun surat ini bersifat wajib tolong dibuat sistem yang memudahkan masyarakat dan transparant. Saya hanya membayangkan satu Jabar ini kan besar sekali potensinya dana liar dari masyarakat dalam mengurus surat rekomendasi ini, dan kebanyakan yang jauh dari kota Bandung pasti malas mengurus karena jauhnya. Semoga harapan saya bisa didengar.

4 Comments to "Jalan jalan iseng mengurus mutasi STNK ke Samsat cibinong"

  1. ryan's Gravatar ryan
    9 December, 2015 - 10:48 | Permalink

    Gan kalau bikin bpkb baru caranya bagaimana punya saya hilang dan mau buat baru lagi

  2. 10 September, 2015 - 16:12 | Permalink

    terima kasih infonya
    bagaimana mutasi motor dg baik
    thanks ya

  3. mikata's Gravatar mikata
    3 December, 2014 - 18:56 | Permalink

    Total biaya mutasi masuk brp gan,terimakasih sebelumnya…

  4. 5 November, 2014 - 13:47 | Permalink

    Mungkin untk jadi referensi sebaiknya tulisan di atas harus di revisi sedikit gan. Sbb :
    1. Tolong di rincikan TOTAL biaya pengeluaran dari mulai daftar di loket cek fisik sampai jadi stnk, flat dan bpkb.
    2. Berapa kali datang ke samsat/polres selama proses? Di hitung juga ya biaya bensin, parkir, makan dan jajannya?
    3. Itu total lama proses dari daftar sampai jadi stnk cuma 3 hari? coba di cek point no 5 dan 6

    Thanks sebelumnya

Komentar di sini yuk ..

1 Trackback to "Jalan jalan iseng mengurus mutasi STNK ke Samsat cibinong"

  1. on 21 April, 2014 at 09:41