Legenda Tangkuban Perahu

Nama tempat wisata Tangkuban Perahu jika diterjemahkan secara kasar adalah “perahu terbalik” dalam bahasa Sunda, merujuk pada legenda lokal penciptaannya. Cerita ini mengisahkan “Dayang Sumbi”, sebuah keindahan yang ada di Jawa Barat. Dia membuang anaknya yang bernama “Sangkuriang” dan dalam kesedihannya diberikan kekuatan pemuda abadi oleh para dewa.

Setelah bertahun-tahun di pengasingan, Sangkuriang memutuskan untuk kembali ke rumahnya, tetapi Sangkuriang sudah lupa dan tidak mengenali satu sama lain.  Sangkuriang jatuh cinta dengan Dayang Sumbi dan berencana menikahinya, Dayang Sumbi hanya mengenali Sangkuriang dari tanda lahirnya. Untuk mencegah pernikahan maka Dayang Sumbi meminta Sangkuriang untuk membangun sebuah bendungan di sungai Citarum dan membangun perahu besar untuk menyeberang sungai, sebelum matahari terbit.

Sangkuriang bermeditasi dan memanggil hejo raksasa mitos-seperti makhluk-Buta atau raksasa hijau – untuk melakukan perintahnya. Dayang Sumbi melihat bahwa tugas hampir selesai dan meminta anak buahnya untuk menyebarkan kain sutra merah di sebelah timur kota, untuk memberikan kesan seolah olah matahari terbit akan datang. Sangkuriang telah tertipu, dan setelah percaya bahwa ia telah gagal, menendang bendungan dan perahu yang belum selesai, yang mengakibatkan banjir dan penciptaan Tangkuban perahu dari lambung kapal.

1. tangkuban perahu 1 2. tangkuban perahu 2 3. tangkuban perahu 3
1,2, Kawah Tangkuban Perahu
3. Jalan di samping kawah Tangkuban Perahu

Jalan menuju tangkuban perahu tidak terlalu sempit kok, tetapi memang kalau lagi weekend untuk mencari parkir mobil cukup merepotkan karena padatnya pengunjung. Tapi jangan kuatir, anda akan di suguhkan oleh pemandangan indah dan udara yang sejuk di Tangkuban Perahu. Setelah dari tangkuban perahu ada tempat wisata alternatif lain untuk melihat pertunjukan bernuansa budaya sunda dan permainan musik angklung yaitu di Saung Angklung Udjo. Di Saung Angklung Udjo anda dapat melihat pertunjukan dan bahkan ikut berinteraksi dalam bermain angklung.

1 Comment to "Legenda Tangkuban Perahu"

  1. 22 September, 2010 - 20:19 | Permalink

    tempat wisata yang bersejarah…

Komentar di sini yuk ..