Pulau Tidung – Kepulauan Seribu

Gugusan pulau seribu, memang sudah terkenal menjadi sebuah wisata alternatif menikmati wisata pantai. Salah satu icon baru yang menjadi daya tarik baru di pulau seribu yaitu pulau tidung dengan gugusan pulau2 di sekitarnya, dengan pantai pasir putih ..

Gugusan pulau seribu, memang sudah terkenal menjadi sebuah wisata alternatif menikmati wisata pantai. Salah satu icon baru yang menjadi daya tarik baru di pulau seribu yaitu pulau tidung dengan gugusan pulau2 di sekitarnya. Berkat ramainya informasi mengenai pulau tidung, akhirnya saya melangkahkan kaki ke sana. Untuk keberangkatan ke tidung sebenarnya ada 3 lokasi pelabuhan yang bisa di jadikan pelabuhan keberangkatan, yaitu Muara Angke, Marina Ancol dan satu lagi di daerah serang cuma nggak tau persisnya ..
Kebetulan hari itu saya berangkat dari pelabuhan Muara Angke, lokasi nya dekat dengan pasar Muara Angke.

Lokasi persisnya pelabuhan / lokasi kapal berangkat ke Tidung di Koordinat (S 06.10620 E 106.77573). Dari situ ada beberapa kapal yang berangkat ke Pulau Tidung, kebetulan pas saya sampai disana jam 1/2 6 pagi, kapal sudah penuh, untungnya masih dapat tempat dan kapal berangkat jam 6 tepat. Kapal ini berjejer sehingga untuk naik kita harus menyebrang dari satu kapal ke kapal yang lain. Takut kepleset juga, tapi bukannya takut air, tapi hii amit amit deh klo kecebur, harus mandi bunga 7 rupa plus wayang semalam suntuk kali .. hehe lebay .. tapi air nya ya ampun huiitam .. inget ya huiitam bukan hitam lagi ..  udah kaya oli bekas. Kapal penumpang ini kategorinya kalau diibaratkan rumah itu tipe RSSSSS atau Kapal sangat sederhana sehingga selonjorpun susah hehe.. Sebenarnya itu karena melimpahnya penumpang karena hari libur dan terbatasnya kapasitas, sehingga penumpang pun terpaksa duduk berdempet dempetan. Bayangkan saja satu kapal mungkin dengan kapasitas sekitar 30 orang di isi dengan 70 – 80 orang. Jika pernah naik kereta api atau kapal laut kelas ekonomi pada waktu lebaran, seperti itulah kondisinya.

Perjalanan dengan kapal kayu menuju Pulau Tidung harus ditempuh sejauh +/- 48km dengan kecepatan rata-rata 17km/jam alhasil kita harus terombang ambing selama 3 jam di kapal. Kalau mau cepat lagi bisa menggunakan kapal dari Marina, namun kapal ini hanya berkapasitas 30 orang, jadi agak susah untuk mendapatkan tiketnya.

Ini jadwal kapal dari Marina :
JKT – Pulau Seribu 08.00 – 08.30
Pulau Seribu – JKT 13.00 – 14.00

Ini jadwal lengkap nya untuk Kapal Motor dari Marina ke Pulau Seribu

Di Pulau Tidung banyak penginapan2 tapi kalau hari libur sebaiknya pesan dulu karena sering penuh, tapi kalau hari biasa nggak masalah saya kira.

Aktifitas yang bisa dilakukan di Pulau Tidung antara lain :
1. Bersepeda keliling kampung
2. Makan seafood, kalau makan rame2 bisa pesan alat2 bakar2an terus barbeque-an
3. Jalan2 ke Pulau Tidung kecil, pulau ini di hubungkan dengan jembatan kayu
4. Trip antar pulau, sewa kapal sekitar 400rb dengan guide, kalau tanpa guide +/- 300rb. Supaya hemat sebaiknya sewa 1 kapal rame rame buat 6 – 10 orang sehingga jatuhnya lebih hemat.
5. Snorkling, bisa ke Pulau Air, ataupun di sekitar Pulau Tidung, katanya disini spot paling bagus nya.

Spot yang terbagus katanya di sekitar pinggiran  Pulau Tidung. Kemarin cuma sempat coba di Pulau Air tapi yang agak ke tengah, kalau mau bagus katanya agak ke pinggir. Tapi sayangnya beberapa banyak yang sudah rusak terumbu karangnya sehingga di pinggir pinggir pantai banyak sisa sisa terumbu karang yang sudah mati, terbawa ombak dan bertebaran di pantai. Mungkin dulu masyarakat sini mencari ikan dengan bom atau racun .. uh sayang sekali ya .. Juga masalah sampah juga mungkin perlu mendapatkan perhatian khusus, karena di kepulauan seribu banyak sampah sampah dari Jakarta yang terdampar di pantai mulai dari botol, kursi jebol, selimut hingga spring bed .. :(

Setelah puas snorkling dan bermain di pantai, berhubung sudah jam 10, jadi kita minta pak “Kumis” panggilan akrab guide kami untuk pulang karena perjalanan 1 jam menuju Pulau Tidung karena kapal sekitar pukul 13.00 akan bertolak ke Muara Angke. Pukul 13.00 kapal berangkat dan Jam 16.00 sampai di Muara Angke, kemudian naik becak hingga keluar dari Pasar Angke, untuk menunggu jemputan .. jemputan taxi .. :D

1. jadwal lengkap kapal marina pulau tidung 2. kapal tidung 3. kapal tidung 2

4. penitipan sepeda tidung 5. sepeda pulau tidung

6. bocah pulau tidung 7. pantai pulau karang beras 2 8. pantai pulau karang beras

1. Jadwal lengkap kapal dari Marina ke Kepulauan Seribu
2. Kapal Kayu ada beberapa yang ukurannya besar, ada tutup di atasnya,
3.  Kapal kayu kecil yang tak beratap ..
4. Tempat penitipan sepeda di Pantai Timur Pulau Tidung
5. Bike to beach
6. Bocah bocah pulau Tidung
7,8 Pantai Pulau Karang Beras

Kalau suka ke pantai, ini salah satu pulau dengan pantainya yang bagus yang bisa dipertimbangkan sebagai tempat liburan. Tempatnya juga masih di Jawa Tengah yaitu Kepulauan Karimunjawa.

16 Comments to "Pulau Tidung – Kepulauan Seribu"

  1. 3 July, 2014 - 01:42 | Permalink

    Pulau Tidung emang keren.

  2. Pulau Tidung's Gravatar Pulau Tidung
    21 October, 2013 - 00:31 | Permalink

    Menyimak saja dulu. Salam Pulau Tidung.

  3. Pulau Tidung's Gravatar Pulau Tidung
    25 April, 2013 - 01:24 | Permalink

    jembatan cinta pulau tidung sudah bagus, di beton

  4. 19 April, 2013 - 20:53 | Permalink

    Jembatan cinta pulau tidung sudah selesai di perbaiki.
    Sekedar info bagi yang ingin mengunjungi pulau tidung.

  5. 29 December, 2011 - 09:12 | Permalink

    mas, cerita di atas tuh sehari aja ya disana? tanpa menginap?

  6. colle's Gravatar colle
    31 October, 2011 - 08:58 | Permalink

    kami dri travel pulau seribu menerima pertemanan anda semua untuk bergabung dengan kami. menyediakan paket wisata lengkap.

    • ario's Gravatar ario
      28 December, 2011 - 23:20 | Permalink

      minta paketnya gan. kirimin ke email saya buat dua orng pasangan suami istri.

  7. colle's Gravatar colle
    31 October, 2011 - 08:57 | Permalink

    wisata pesona pulautidungnya indah banget tuh gan?
    terima kasih dan salam kenal

  8. John's Gravatar John
    25 January, 2011 - 21:27 | Permalink

    yuk kita jaga pulau seribu khusus nya pulau tidung agar tetap indah dan lestari

  9. me's Gravatar me
    1 December, 2010 - 21:46 | Permalink

    mau tau pulau tidung lebih dekat lagi… hanya ad di http://tidungizland.blogspot.com terhemat terlengkap… tarif murah yang di tawarkan pengalaman mahal yang di dapatkan :-)

  10. Kursus saham investama's Gravatar Kursus saham investama
    14 November, 2010 - 22:57 | Permalink

    Klo sdh jalan2, tinggal membiakkan uangnya disini..

    Uangnya Buat jalan2 lagi tentunya :)

  11. 1 October, 2010 - 14:29 | Permalink

    Ingin berlibur ke pantai atau wisata bahari tapi dekat dari Jakarta atau bahkan merupakan bagian dari kota Jakarta??? Mungkin sebagian teman-teman langsung berpikir bahwa pantai itu Ancol bukan? Nah, Selain Ancol yang udah padat dengan pengunjungnya masih ada lho tempat tenang yang jauh dari keramaian kota..yakni Taman Nasional Kepulauan seribu. Untuk Informasi Pulau Seribu, Pulau Bidadari, Pulau Pantara, Pulau Kotok, Pulau Putri, Pulau Ayer atau diPulau Sepa.. Hubungi kami :

    Kantor Pemasaran Pulau Seribu :

    Jl. Lodan Timur No.7 Marina Ancol Jakarta 14430.
    Telp : (021)640 6166
    Fax : (021)640 7344

    Jl. Raya Condet, No. 1 Jakarta.
    Telp : (021)8088 9688
    Fax : (021)8088 9671

    24 Hours :
    08159977449 / (021)682 74005

    Email : wijayatama@pulauseribu-wisata.com
    Website : http://www.pulauseribu-wisata.com
    Facebook : http://facebook.com/pulauseribu

  12. 22 September, 2010 - 15:08 | Permalink

    wow… seru aktivitas nya… thank’s info jalan2 nya..

Komentar di sini yuk ..

3 Trackbacks to "Pulau Tidung – Kepulauan Seribu"

  1. on 6 July, 2014 at 04:46
  2. on 15 September, 2013 at 16:32
  3. on 19 January, 2013 at 22:03