Mencari pantai indah di Bangka Belitung

Siapa yang tak kenal Belitung, setelah suksesnya film Laskar Pelangi ? Film ini membuka segala potensi wisata di Belitung. Termasuk saya yang baru saja terbuka matanya untuk explorasi pulau Belitung. Untuk ke Belitung (Kota Tanjung Pandan) hanya ada 2 penerbangan yaitu Sriwijaya dan Garuda Indonesia, kalau mau agak pagi Sriwijaya, Karena Garuda jam 12 siang baru sampai di Tanjung Pandan.

Penerbangannya sendiri cukup singkat, hanya butuh waktu 45 menit saja. Ini jadwalnya :

Jadwal tiket pesawat Jakarta – Tanjung Pandan (Belitung)

- 05.55 Citilink QG 9533 Jakarta – Tanjungpandan
- 06.20 Sriwijaya Air SJ050 Jakarta – Tanjungpandan
- 08.35 Sriwijaya Air SJ056 Jakarta – Tanjungpandan
- 10.15 Garuda Indonesia GA0284 Jakarta – Tanjungpandan
- 10.15 Sriwijaya Air SJ054 Jakarta – Tanjungpandan
- 14.25 Sriwijaya Air SJ052 Jakarta – Tanjungpandan

Jadwal tiket Tanjung Pandan (Belitung) – Jakarta

- 07.30 Citilink QG 9534 Tanjungpandan – Jakarta
- 07.50 Sriwijaya Air SJ051 Tanjungpandan – Jakarta
- 10.05 Sriwijaya Air SJ057 Tanjungpandan – Jakarta
- 11.45 Sriwijaya Air SJ055 Tanjungpandan – Jakarta
- 12.05 Garuda Indonesia GA0285 Tanjungpandan – Jakarta
- 15.55 Sriwijaya Air SJ053 Tanjungpandan – Jakarta

Untuk wisata ke Tanjung Pandan hampir tidak ada angkutan umum, bisa dikata ya paling rental mobil/ motor jika mau jalan sendiri.

karena sampai di Bandara Tanjung Pandan Belitung sudah siang sudah waktunya makan untuk isi perut, langsung berangkat ke pantai untuk makan siang di tepi pantai.

makanan pantai tanjung tinggi belitung

makanan pantai tanjung tinggi belitung

rileks pantai tanjung tinggi belitung

rileks setelah perut kenyang, di pantai tanjung tinggi belitung

Pantainya sangat indah dengan bibir pantai yang landai serta langit biru, dan apagi selain gugusan batu granit di tepi pantainya yang membuat makin sempurna untuk dinikmati.

Setelah perut kenyang, nikmat banget deh, duduk santai di pantai menikmati nikmat perut kenyang dan mata yang dipuaskan oleh pemandangan yang indah. (:bersyukur)

Setelah puas bermain air dan berenang, sampai sore, waktunya balik ke hotel.

Malamnya beristirahat di Bahamas hotel, cukup bagus dengan pemandangan pantai di belakang hotel.

bahamas hotel belitung

bahamas hotel belitung

Setelah bersih bersih saatnya makan malam di berage, rumah makan otentik di Belitung. Satu yang membuat saya terngiang adalah sambal sereh nya, rasanya unik dan enak.

Day 2

Hari pagi berikutnya setelah sarapan, kendaraan sudah jemput dan tujuan pertama adalah rumah Kata Andre Hirata yang merupakan anak asli Belitung yang juga pengarang buku laskar pelangi.

Rumah kata menurut saya selain sebagai pengingat asal dan cerita laskar pelangi juga merupakan rumah mimpi, yang berisi kata kata motivasi yang menggugah.

Ada juga yang jual Kupi Kuli, menurut yang jual dulu adalah yang sering minum kopi adalah para pekerja tambang karena itu namanya Kupi Kuli. Tapi budaya makan kopi eh.. minum kopi ini nggak seheboh yang di Manggar (Belitung Timur) dimana setiap ujung jalan ada penjual kopi, malah ada restoran lumayan gede banget, jualannya cuma kopi sama mie instant :)

Setelah cukup melihat lihat, kali ini giliran rumah pak Ahok kita satronin, haha, cuma yang empunya rumah nggak ada, rumahnya lumayan besar dan berada di daerah Gantong.

Isi perut kali ini di Rumah Makan Fega, rumah makan di pinggir pantai. Setelah puas, mampir sejenak ke pantai Serdang biar kenyangnya lebih terasa nikmat.

Sebelum pulang disempatkan mampir ke warung kopi di Manggar, Warkop Millenium lalu pulang mampir beli oleh oleh, supaya besok nya nggak usah beli oleh oleh lagi biar maksimal waktunya buat snorkling esok hari.

Komentar di sini yuk ..

2 Trackbacks to "Mencari pantai indah di Bangka Belitung"

  1. on 6 November, 2013 at 06:15
  2. on 5 November, 2013 at 20:38