Tour de Java – Bali 2011 via darat

Salah satu kesukaan saya adalah jalan jalan keliling Indonesia sampai dunia, tapi entah kenapa saya baru bisa mengulanginya lagi untuk tour jawa bali lombok lewat jalan darat 10 tahun lebih kemudian. Pada waktu dulu waktu sangat flexible sehingga kapan saja bisa berjalan2 tapi waktu yang flexible duit nggak flexible. Sekarang duit yang yang bisa dibilang ada aja lah.. tetapi waktu yang nggak flexible karena harus mengajukan cuti. Mungkin beda kali ya dengan orang orang yang menjalankan bisnis sampingan bisa mendapatkan keuntungan2 tersebut waktu yang bebas dan adanya income. Salut buat mereka. Lho ini kok melenceng dari topik.. ?? Oke cerita selanjutnya kembali ke topik..

Perjalanan ini saya mulai jakarta dengan target cuma sampai Bali meskipun bermimpi untuk sampai ujung timur, (mungkin jika ada kawan2 yang semisi boleh kita rame2 pergi hehe :) ) dengan 2 etape. Dengan etape pertama yaitu Jakarta – Semarang yang dilanjutkan etape kedua Semarang – Bali.

RUTE

Etape I :

Jalur utara Jakarta – Semarang (500 km)

  1. Menginap 1 malam di Semarang. Saya memilih malam hari untuk perjalanan karena beberapa hal antara lain, suhu yang lebih dingin, tidak adanya pasar tumpah ataupun anak sekolah tapi ada beberapa resiko yang harus diketahui jika malam yaitu jalan berlubang yang suka nggak kelihatan karena itu jaga kecepatan kendaraan di kecepatan aman dan satu lagi jika mobil bermasalah agak susah mencari bengkel yang buka, jadi pastikan bahwa mobil dalam kondisi yang siap serta peralatan darurat tersedia lengkap di mobil.

Jalur utara yang saya tempuh dari Jakarta – Semarang melalui jalur Jakarta – Cikampek – Indramayu – Cirebon – Tegal – Brebes – Kendal – Semarang

Jalur utara Jakarta – Semarang pada waktu saya tempuh kondisi jalan cukup baik, meskipun tidak bisa diprediksi.

Etape II :

Jalur tengah Semarang – Denpasar via Solo (633 km)

  1. Jalur tengah Semarang – Denpasar trayek langsung (km). Semua perjalanan saya tidak berorientasi pada waktu, jadi kadang bisa dibilang agak lambat dalam perjalanan, karena dalam melakukan perjalanan ini saya mengutamakan save and eco driving serta tak lupa mampir ke tempat kuliner di sepanjang jalur yang saya lewati :) .

Jalur Semarang – Denpasar melalui jalur tengah pada waktu saya kesana jalurnya cukup baik dibandingkan jalur utara yang jalannya banyak berlubang cukup parah sehingga meskipun jarak tempuh nya lebih pendek tetapi waktunya lebih lama. Jalur tengah dapat ditempuh melalui jalur Semarang – Solo – Sragen – Ngawi – Caruban – Nganjuk – Mojokerto (lewat Mojosari untuk menghindari lumpur lapindo) – Kertosono – Jombang – Situbondo – Ketapang – Gilimanuk – Denpasar.

Selama perjalanan etape 1 karena perjalanan start malam hari jadi nggak berhenti untuk makan karena alasan tempat makan banyak yang tutup. Tapi untuk etape 2 perjalanan dimulai pagi hari jadi wisata kuliner bisa dilaksanakan hehe ..

BERAPA BENSIN YANG DIHABISKAN ?

Jakarta – Solo 618 km 33,7 km ratio 1:18

Solo – ?? (lupa nih isi bensin dimana)  292,7 km 13,85 l ratio 1:21

?? – Banyuwangi 431,2 km 26,5 l ratio 1:16

Banyuwangi – Ubud 273,6 km 19,13 l ratio 1:14

Ubud – Banyuwangi + jalan jalan 540 km 31,5 l ratio 1:17

Banyuwangi – Solo 412,8 km 22,65 km 1 : 18

Solo – Jakarta 626,5 km 36,30 l ratio 1:17

Total 1 minggu sudah menempuh 3195,6 km dengan guyuran bensin 183,63 km ratio 1 : 17,5 yah lumayan ngirit juga. Tapi ini pakai pertamax lho, bahkan ketika di jakarta  masih harga 7450 pernah merasakan di banyuwangi dan Denpasar harga pertamax 8250 :gelenggeleng: bisa ngirit di literan tapi nggak ngirit di rupiahhh hik..

Kalau diambil rata2 1 liter 7950 rupiah jadi bensin yang dihabiskan sekitar 1,45jt rupiah, nilai akan berasa lebih murah jika penumpang 3 atau 4 orang.

 

WISATA KULINER SEPANJANG PERJALANAN !!

Selama perjalanan Semarang – Denpasar saya ada rekomendasi beberapa tempat yang menurut saya layak untuk dikunjungi. Antara lain :

1. Tahu Baxo Bu Pudji di Ungaran, bisa beli tahu bakso untuk cemilan selama perjalanan.

2. Kampoeng Kopi Banaran di Bawen, mampir untuk cemilan sebelum makan siang. Menjual berbagai macam kopi. Paling suka disini beli kopi sambil beli pisang goreng. Mantap banget. Tahu bandungannya juga enak.

3. Soto ayam Gading di Solo, rumah makan ini pernah dikunjungi oleh SBY lho.

4. RM Pojok 2 di Jombang, mampir untuk makan malam. Meskipun malam, rumah makan ini rame terus karena memang masakannya enak.

5. Ayam betutu Men Tempeh. Setelah nyebrang dari Ketapang – Gilimanuk, sebelum ke Denpasar jangan lupa cobain dulu ayam khas bali ini.

PENYEBERANGAN KETAPANG – GILIMANUK

Penyeberangan Ketapang – Gilimanuk jika cuaca bagus hanya makan waktu 45 menit saja. Tarif mobil 114.000 Rupiah per mobil.

Ini daftar lengkap tarifnya.

WISATA KULINER DI BALI

1. Ayam betutu khas bali Men Tempeh

2. Nasi Pedas Ibu Andhika

3. Nasi Ayam Ibu Mangku Kedewatan Ubud

4. Pundi Pundi Grill and Asian Cuisine

REVIEW HOTEL DI BALI

1. Hotel Casa Padma Kuta

2. Biyukung Suites and Spa

Wisata di Bali

1. Pantai Kuta

2. Erlangga, tempat belanja pernik2 atau oleh oleh khas Bali

3.  Pantai Nusa Dua

 

to be continued (in progress typing story)..

3 Comments to "Tour de Java – Bali 2011 via darat"

  1. ita marsita's Gravatar ita marsita
    20 March, 2012 - 23:33 | Permalink

    Saya ita dari batam, rencana mau bawa teman untuk perjalan wisata, jakarta, vulcano mugkin itu lo, mungkin jogja kali yah, dan bali. saya bener2 blank nih gak punya ide yg menarik untuk teman saya ini…bagaimana ada gak masukan atau saran untuk saya yg sama sekali gak pernah ke jawa dan bali.

    di tunggu info yang menarik dna tentunya cost yang terjangkau…hehe

    makasih sebelumnya

  2. sisca's Gravatar sisca
    21 August, 2011 - 19:11 | Permalink

    sorry numpang tanya, mao brkt bandung bali lusa, bisa minta info jadwal PENYEBERANGAN KETAPANG – GILIMANUK ?
    trus kenapa ga lewat tanjung perak?
    tq b4

Komentar di sini yuk ..

5 Trackbacks to "Tour de Java – Bali 2011 via darat"

  1. on 8 September, 2012 at 23:40
  2. Wisata tour Jakarta – Bali Overland alias lewat jalur darat | detik travel
    on 15 February, 2011 at 13:24
  3. on 6 February, 2011 at 07:10
  4. on 1 February, 2011 at 18:58
  5. on 27 January, 2011 at 20:56