Arah kiblat berubah ? Tentukan arah kiblat menggunakan GPS Garmin Oregon

Pernah mendengar sebelumnya kalau sholat kita menghadap barat ? nah apakah hanya dengan menghadap barat sudah cukup benar arah yang kita tuju ? Bahkan setelah saya tulis ini MUI sendiri langsung merevisi fatwa arah kiblat nya apakah ini suatu hal yang kebetulan saja ? Sunguh sangat disayangkan dimana era 10 tahun lalu teknologi GPS sudah dikuasai baru sekarang di revisi. Dengan GPS garmin saya coba mencari tau kemana arah kita menghadap jika ke arah barat..

Pernah terpikir nggak sebelumnya jika ditarik lurus arah barat Indonesia itu dimana ? Sering kita mendengar bahwa arah kiblat sholat kalau di Indonesia menghadap ke barat. Ternyata kalau menghadap ke barat tidak serta merta berarti menghadap ke kiblat. Mungkin dulunya ini hanya untuk memudahkan saja.

Iseng2 saya mencari aplikasi untuk tahu bagaimana menentukan arah kiblat menggunakan GPS garmin, setelah searching di Internet sepertinya belum ketemu, atau belum ada aplikasi khusus garmin untuk menentukan arah kiblat. Karena garmin ini termasuk sistem yang proprietary, jadi nggak semua orang bisa bikin aplikasi dan install di dalamnya, kecuali garmin sendiri yang membuat.

Jadi saya menggunakan cara sebagai berikut untuk menentukan arah kiblat menggunakan garmin. Pertama kita tentukan koordinat kita menggunakan gps, ini cara yang sudah pastinya umum dan diketahui jadi tidak saya jabarkan disini. Setelah diketahui buka alamat untuk mencari arah kiblat dan kita masukkan koordinat kita. Setelah itu akan di dapat direction yang berwarna merah, kalau di lokasi saya Direction nya 295,15 derajat. Untuk area Jakarta sih sekitar 295an derajat, yang saya baca2 sih 1 derajat itu bisa melenceng sampai 100km an .. tapi ini masih jauh lebih baik dibandingkan dengan asal menghadap ke barat. Nanti kita lihat kemana kita menghadap kalau ke barat. Sebelum menjalankan aplikasi kompas ini sebaiknya kompas di gps di kalibrasi terlebih dahulu, terutama kalau setelah berpergian dari tempat yang jauh ataupun setelah mengganti baterai. Ini supaya kompas gps lebih akurat.

1. Menentukan arah kiblat dengan GPS setelah diketahui arah derajatnya.

1. qiblalocator 2. 1 3. 2 4.3
5. 4 6. 5 7. 6 8. 7
9. 8
1. Tentukan koordinat lokasi kita terlebih dahulu, kemudian isi dengan koordinat tempat kita berdiri pada web http://www.qiblalocator.com/ untuk menentukan derajat arah kita pada gps. Koordinat tempat kita berdiri bisa kita lihat pada GPS kita.
2,3,4 Masuk ke Menu Sight’n go dan kemudian arahkan kompas kita ke 295 derajat, karena tidak ada koma ya minimal paling mendekat dari yang diberikan oleh http://www.qiblalocator.com/ kemudian pilish lock direction, dan kemudian pilih project waypoint dan pilih kilometer dan masukkan angka 8000 kemudian oke dan save.
5. Kemudian akan muncul menu kompas arahkan sampai garis merahnya lurus maka itulah arah kiblat.
6, Balik ke menu utama dengan menekan tanda silang dan pilih map perhatikan garis ungu (warna garis tergantung dari setingan gps kita), geser2 sehingga ikuti garis ungu sehingga kita menemukan bahwa garis ungu melintasi negara Arab Saudi, kemudian coba kita zoom bahwa garis ungu mendekati kota Mekkah, bisa dikatakan ini hampir mendekat arah kiblat yang sebenarnya. Mungkin kalau mau ketepatan yang lebih tinggi, harus menggunakan alat2 yang lebih presisi lagi. Yah .. kembali lagi yang penting niat nya dulu kali ya .. :D

2. Kemana kita menghadap kalau ke barat ?

1. 11 2. 21 3. 31 4. 41
5. 51 6. 61 7. 71 8. 5
9. 9 10. 9 11. 10 12. 12
1,2,3,4,5,6 Masuk ke menu Sight ‘N Go arahkan kompas sehingga menunjukkan 270 derajat artinya mengarah ke barat kemudian klik project waypoint, kemudian tentukan menggunakan kilometer, klik enter distance, dan masukkan 8500 dan pilih tanda centang, kemudian save
7,8 Akan muncul kompas yang menunjukkan arah barat, ini kita close aja dengan klik tanda silang dan pilih menu map.
9,10,11,12 Maka akan muncul sebuah garis warna ungu (warna ini tergantung dari setingan gps kita), garis ini kita ikutin aja sampai ujung kemudian kita zoom whoalaa .. this is it .. ternyata kita menghadap ke arah benua Afrika, dan melintasi negara Rwanda.. weleh2.
Semoga informasi ini bermanfaat

Semoga informasi ini bermanfaat, mau cari informasi seputar gps garmin oregon ?

4 Comments to "Arah kiblat berubah ? Tentukan arah kiblat menggunakan GPS Garmin Oregon"

  1. Sahnan's Gravatar Sahnan
    3 February, 2014 - 20:42 | Permalink

    untuk mengetahui seratus persen atau kurang sekian detik arah qiblat dari mataram ntb ke mekkah harus mengtahui lintang utara &bujur timur mekkah selanjutnya lintang selatan &bujur tmur mataram keduanya di costangenkan baru akan berhasil.menurut ilmu yang dapat bahwa arah qiblat mataram mekkah adalah 293derajat33menit29detik.untuk mengetahui keakuratan hasil harus dengan pengamatan matahari (deklinasi matahari )

  2. Fadhli al-kareem's Gravatar Fadhli al-kareem
    20 July, 2010 - 22:16 | Permalink

    Salam….thanks atas informasi yang sangat berharga ini ….

    hal tersebut memang sedang kami alami…

    Saya bisa minta tolong..dimana saya bisa mengetahui berapa besar sudut deklinasi kota-kota di Indonesia…

    karena hal tersebut juga sangat besar pengaruhnya….

    Atas bantuannya saya ucapkan terimakasih….

Komentar di sini yuk ..