Review GPS Garmin Oregon 300

Jakarta itu kota yang ruwet menurut saya, keseringan nyasar, bingung menentukan jalur jika akan pergi ke suatu tempat, itu adalah masalah yang saya hadapi, oleh karena itu, sempat mempertimbangkan alat GPS dari beberapa merek dan tipe, kalau dilihat dari mereknya ada Garmin, Magellan, Tomtom dan masih banyak lagi, tipe dari masing2 pun beragam sesuai fungsinya. Silahkan Baca Review GPS ini selanjutnya..

Akhirnya setelah menimbang nimbang, diputuskanlah memilih merek garmin karena merek ini cukup familiar di kalangan pengguna GPS, sehingga bagi saya lebih mudah untuk berinteraksi atau bertukar data peta sesama pengguna gps. Merek seperti Magellan dan Tomtom pun juga bagus dan banyak pula digunakan. Pemilihan Garmin hanya pada kebutuhan saya untuk kemudahan bertukar data tracking atau waypoint.

Garmin pun punya beberapa seri yang sempat bingung juga untuk memilihnya, semua didasarkan pada kebutuhan saja, karena jika kita tidak punya batasan kebutuhan tentu sangat sulit untuk pemilihan produk, karena tidak ada produk all in yang sanggup memenuhi kebutuhan kita semua.

Atas dasar pemilihan produk berdasarkan kebutuhan untuk adventure, navigasi di sepeda, motor ataupun mobil, kemudahan pemakaian menu di GPS, produk yang kuat dan tahan lama, tahan banting dan tahan air, dukungan forum yang bagus,  kemudahan pembelian baterai cadangan, akhirnya ada beberapa tipe yang sesuai dengan keinginan saya, yaitu seri 60csx, 70csx, oregon, colorado, dakota.

Setelah menimbang2 60 atau 70 csx, buat navigasi sambil menyetir sendiri, kayanya nggak mudah untuk mengakses menu dan input data POI atau alamat, Colorado belum touch screen masih menggunakan “Rock’n Roll” scroll wheel, ini masih cukup merepotkan, kalau Dakota, sebenarnya boleh dipertimbangkan karena mirip dengan Oregon cuma screen nya lebih kecil dan resolusi nya lebih rendah.

Ini link perbandingan antara Garmin tipe 60csx, colorado, dakota dan oregon

https://buy.garmin.com/shop/compare.do?cID=134&compare=compare&compareProduct=14903&compareProduct=310&compareProduct=30926&ra=true&compareProduct=11022&ra=true

Jadi akhirnya diputuskanlah memilih Oregon 300, karena kemudahan melakukan akses ke menu nya, melalui layar touchscreen, layar cukup tajam, dan baterai AA mudah didapat. Tetapi Oregon 300 ini tidak lepas dari beberapa kekurangan, misalnya layar nya jika berada di bawah sinar matahari langsung lebih susah di baca dibandingkan tipe 60csx.

Tetapi  ada trik agar layar garmin oregon bisa lebih mudah dibaca pada kondisi sinar yang sangat terang, yang saya ambil dari link :

http://garminoregon.wikispaces.com/Miscellaneous#FAQ-M5.) Are there any tips to improve the Oregon’s screen readability?

Sesuai kebutuhan, ini ada beberapa gambar yang sudah saya pasang di sepeda buat cross country, ataupun di mobil untuk ke luar kota menggunakan car kit.

Catatan :

Sebagai catatan car kit dari garmin ini tidak melakukan charging ketika digunakan, jadi sebaiknya menggunakan baterai yang fully charged jadi ketika dilepas dari car kit nya maka akan berpindah  menggunakan power dari baterai.

4 Comments to "Review GPS Garmin Oregon 300"

  1. 6 April, 2010 - 12:46 | Permalink

    btw… Car Kit untuk Oregon dapet harga berapa ya? lagi mikir-mikir untuk nyari nih … biar ga ribet ganti batre pas di mobil …

    Untuk mounting saya pake DIY mount .. modal 40rb (universal mounting untuk HP) yang saya modifikasi dengan menambahkan acrylic sehingga bisa dimasukkan ke carabiner clip … cukup murah dan fungisonal …

  2. 6 April, 2010 - 12:39 | Permalink

    Lah … koq sama ya mainannya he he he …. sepeda, kamera, gps, ha ha ha

Comments are closed.

1 Trackback to "Review GPS Garmin Oregon 300"

  1. on 30 August, 2010 at 16:17