Bagaimana mengetahui lokasi foto diambil

Begitu banyak foto yang menumpuk, sehingga kadang kadang lupa dimana foto ini diambil. Tidak mau mengalami hal ini ? coba dengan menambahkan data file EXIF GPS koordinat di file foto, bagaimana caranya ?

Data EXIF di dalam foto bisa menunjukkan kapan foto diambil, menggunakan kamera apa dan menggunakan setingan kamera seperti apa, termasuk lokasi koordinat dimana foto diambil. Buat saya yang suka jalan jalan kadang kadang karena terlalu banyak foto, suka lupa dimana foto ini diambil. Karena itu mulai saat ini jika saya jalan2 berusaha untuk menambahkan data koordinat ketika foto diambil, itu juga kalau nggak lupa bawa GPS nya .. :D data ini disebut exif GPS atau geotagging.

Data  exif GPS atau Geotagging bisa berada dalam foto ada 2 cara,

1. Menggunakan  GPS bawaan dari kamera, karena saya menggunakan kamera Nikon D90, bisa ditambahkan accessories Nikon GP-1 seharga +/-$250.

d90_gp1_front

2. Menggunakan GPS apa saja yang mendukung track log dan menggunakan kamera apa saja, kemudian di sinkron kan dengan software.

front-001 + oregon

Kalau saya pribadi lebih prefer cara kedua karena saya sudah mempunyai GPS Oregon 300 dan selain itu GPS nya bisa digunakan untuk navigasi di jalan. Jadi lebih hemat bukan? Untuk menggunakan cara ke 2 cukup mudah, yang penting jam GPS dan kamera harus sinkron, paling gampang GPS menggunakan jam otomatis, alias menggunakan jam satelit, kemudian kamera disamakan dengan jam GPS. Track log pada GPS diaktifkan sehingga kemanapun kita berjalan akan di log pada GPS.

setelah mengambil beberapa foto dengan tracklog pada GPS aktif, saatnya untuk menggabungkan 2 data yaitu foto dan tracklog. Untuk mengambil data tracklog pada GPS saya menggunakan software gps track maker dan untuk menggabungkan saya menggunakan grazer aplikasi ini ringan, mudah dan gratis.

Step step nya untuk pengguna garmin :

1. Untuk track maker nya bagi pengguna Garmin pasangkan GPS ke komputer, kemudian klik GPS – Garmin Interface dan capture track log nya dan save dengan extention gpx.

2. Kemudian buka aplikasi Grazer, dan masukkan data file gpx yang sudah kita download kemudian pilih foto yang akan di tag dengan exif GPS, kemudian klik start dan Done. Foto kita sudah ada data exif koordinat GPS.

Contoh file foto yang ada data Geotagging nya akan muncul data tambahan koordinat dimana foto diambil. Saya melihatnya menggunakan software freeware alias gratis yaitu opanda, bisa di download di sini

exif

Komentar di sini yuk ..