Hari ke 8 – Perjalanan ke Kathmandu – Nepal, Everest Base Camp dan Kala Patthar ( Namche Bazar – Tengboche )

Untunglah pagi hari di Namche Bazar saya dan yang lain terbangun  dalam kondisi fit untuk melanjutkan ke titik berikutnya yaitu Tengboche dengan ketinggian 3850 mdpl.

Sepanjang perjalanan tak lupa foto foto narsis.. :) sebagai oleh oleh tak terlupakan karena mungkin kita akan kembali ke Himalayan mungkin beberapa tahun lagi. Jadi setiap ada momen bagus kita bertiga saling memotret karena memang masing masing bawa kamera.

Perjalanan awal dilalui cukup menyenangkan, di tengah perjalanan sekitar jam 11an sebelum Sagarmatha National Park kita harus melalu check post untuk melaporkan kartu TIMS kita.

Kartu TIMS (Trekking Information Management System) ini fungsinya untuk pelacakan jika terjadi kecelakaan atau bencana alam.

Chhumuwa TIMS check post Phakding Namche Bazaar

Setelah melalui check post, beberapa jam kemudian kita sampai di Sagarmatha National Park, disini untuk masuk kita harus beli tiket tapi saya lupa nanya berapa harga tiketnya. Di ruangannya kita bisa melihat diorama/ maket pegunungan Himalayan beserta cerita cerita yang menyertainya.

sagarmatha national park jorsalle

Sagarmatha National Park Jorsalle

maket pegunungan himalaya - sagarmatha national park jorsalle

maket pegunungan himalaya – sagarmatha national park jorsalle

Setelah puas melihat lihat kita melanjutkan perjalanan, tak lama lagi ada check post lagi, army check post.

army check post namche bazaar tengboche

Seperti biasa agak sorean sekitar jam 3 sore kami sampai pos berikutnya yaitu di Tengboche.  Setelah sampai kita duduk menikmati pemandangan gunung, binatang yak yang sedang makan rumput, sambil seruput wedang bandrek instant yang saya bawa dari Jakarta. Wuehh cespleng.. enak banget rasanya.

tengboche

Pemandangan perkampungan tengboche

Di Tengboche terhampar padang rumput dan berdiri sebuah kuil Buddha. Untuk masuk kita harus melepas alas kaki, dan gratis masuknya, hanya kotak donasi saja, jika kita mau menyumbang.

kuil buddha tengboche

Kuil Buddha Tengboche

gerbang kuil buddha tengboche

Gerbang kuil Buddha Tengboche

dalam kuil buddha tengboche

Di dalam kuil Buddha Tengboche

Seperti biasa malam hanya ngobrol sebentar, tak terasa waktu sudah menunjukkan jam 9 malam. Waktunya harus tidur untuk persiapan keesokan harinya, menuju Periche 4250 meter dpl.