Hari ke 4 – Perjalanan ke Kathmandu – Nepal, Everest Base Camp dan Kala Patthar ( Kathmandu )

Hari ini adalah hari penerbangan ke Lukla yang pagi ini dijadwalkan akan dijemput oleh agent. Jam 6 kita turun untuk sarapan sambil menenteng tas ruck sack yang untuk dibawa oleh porter. Setelah breakfast untuk isi perut supaya jangan masuk angin, agent kita Divine explore datang tepat jam 6.30 untuk mengantar kita ke airport.

Setelah kenyang dan berdoa kita foto full team di depan hotel Manang Kathmandu.

siap untuk terbang ke Lukla depan hotel Manang Kathmandu

Foto sebelum terbang ke Lukla

Berangkat diantar dengan Land Cruiser yang hampir aja menabrak seorang bule yang sama sama nggak mau ngalah.. sambil menunjuk2 sopir kami, tampaknya si bule nggak terlalu marah karena mungkin sudah terbiasa sama cara orang Nepal bawa mobil yang suka ngumbar bel dan srudak sruduk biarpun di jalan sempit..

Sampai terminal domestik Tribhuvan International Airport,  barang barang kami diurus oleh guide. Bandaranya cukup kecil dengan penuh wisatawan yang mayoritas akan terbang ke Lukla, bandara kecil di kaki Himalaya ataupun ke kota lain di sekitarnya seperti Pokhara. Jika ingin berwisata menggunakan pesawat untuk mengelilingi pegunungan Himalaya terutama Everest ada juga lho yang melayani.

Segala macam bawaan penumpang sudah campur aduk, tentengan tas carrier segala macam campur dengan macam barang dagangan masyarakan seperti telur, triplek, makanan dll.

Bandara domestik Tribuvan International Airport Kathmandu

Berdasarkan jadwal jam 8.30 berangkat tapi baru diberangkatkan jam 10.00. Jenis pesawat yang menuju Lukla adalah twin otter dengan 2 propeler dan operatornya Tara Air.

Tara Air Kathmandu Lukla

Kira kira jam 10 pesawat diberangkatkan tapi baru 20 menit di udara pramugari menginformasikan bahwa pesawat kembali ke Kathmandu karena kabut tebal di Lukla. Akhirnya di Bandara menunggu lagi sambil makan siang jam 2 panggilan berangkat ke Lukla kembali dikumandangkan. Sepertinya ini kejar kejaran dengan cuaca di Lukla. Karena penumpang sudah lengkap pesawat diberangkatkan dengan mulus, tapi lagi lagi 20 menitan di udara pramugari memberitahu bahwa pesawat akan kembali ke Kathmandu, karena kabut sangat tebal kembali menyelimuti di Lukla. Aduh badan langsung lemes, mual dan keringat dingin. Entah karena mendengar situasi tidak bisa berangkat plus di pesawat terguncang guncang banyak yang mual bahkan ada cewe bule yang nangis mungkin karena sakit kepalanya nggak tahan, akibat sebelum mendarat pesawat terguncang naik turun cukup kencang buat penumpang termasuk saya pusing kepala dan mual mual.

Akhirnya setelah pesawat mendara, bagasi kita pun dikeluarkan, huhhh… sepertinya selesai lah buat hari ini dan mau nggak mau balik ke hotel lagi, karena hotel Manang penuh kita menginap di Moon Light, lokasinya nggak sestrategis Manang yang dekat sekali dengan Thamel.

Jam 6 sore team Divine Explore datang dengan kondisi dan option option yang muncul disebabkan karena delay ini, karena telat 1 hari berarti harus mengejar ketertinggalan waktu, meskipun sudah ada spare tapi akan mengambil waktu recovery badan dan waktu spare untuk jalan jalan di Kathmandu.

Apesnya lagi 2 hari penerbangan ke depan ke Lukla sudah fully booked. Jadi agent kami di Nepal menawarkan opsi untuk merubah trip dari ke Everest Base Camp ke Annapurna. Annapurna pass cukup tinggi juga di atas 5000 meter dpl, atau harus sewa heli yang cukup mahal ..

Akhirnya kami, agent Kathmandu dan Jakarta negosiasi, karena pada dasarnya kami hanya mau ke Everest Base Camp bagaimanapun caranya, karena ini planning kami dari awal.

Akhirnya keputusan terakhir adalah menunggu sampai besok pagi sambil meminta agent di Jakarta untuk diskusi dengan agent di Nepal. Dari pada bengong bengong di hotel kita mampir di tempat makan  khas Nepal Thakali Bhanchha di Kathmandu.

Thakali Bhanchha Kathmandu

Thakali Bhanchha Kathmandu menu

Thakali Bhanchha Kathmandu 1

Suasana Thakali Bhanchha Kathmandu

Thakali Bhanchha Kathmandu

Menu makanan saya Thakali Thali Roti dengan Mutton (daging kambing)

Kelihatannya pada nggak doyan nih pasti kalau ngelihat makan seperti ini. Tapi saya kalau pergi ke daerah lain, selalu akan mencoba makanan khas mereka. Dan ternyata enak lho, aroma dan rasanya nggak terlalu keras seperti kari India, bahkan sampai nambah.

Dan akhirnya so kenyang perut nih, sambil pulang mampir mini market beli cemilan dan minuman ringan, untuk persiapan ke Lukla lagi.. Semoga besok bisa terbang ..