Hari ke 3 – Perjalanan ke Kathmandu – Nepal, Everest Base Camp dan Kala Patthar ( Kathmandu – Lukla )

Hari ini full penuh untuk mempersiapkan sekali lagi barang barang jangan sampai ada yang kurang. Gua sendiri hanya merasa kekurangan jaket dan celana windproof ringan, jadinya target berbelanja hanya itu, sisanya hanya cuci mata..

Sarapan pagi di Hotel, ternyata bertemu dengan  2 orang dari total 12 rombongan dari Malasyia yang kemarin baru sampai di Kathmandu setelah dari EBC.

Mereka cerita banyak mengenai kondisi di atas, mulai dari 2 rekan mereka yang terkena AMS (Accute Mountain Sickness) sehinggak harus dipapah turun hingga helipad terdekat, sampai pesan mereka kita harus berhati hati karena biaya Heli yang sangat mahal bisa hingga $2000an lebih. Begitu juga saran saran supaya tidak terkena AMS yaitu : naik perlahan sehingga badan melakukan penyesuaian, makan garlic soup, dan minum hot lemon..

Ternyata laporan kondisi terakhir dari mereka di Kala Patthar yang tertutup salju tebal karena malamnya hujan salju sehingga tidak bisa didaki, waduh.. tapi mudah mudahan perjalanan kita selanjutnya bisa lebih baik  cuacanya. Setelah cerita cerita dan sarapan beres kami pamit untuk belanja berbelanja di Thamel Street..

sarapan pagi hotel manang + team malasyia

Setelah sarapan, sebelum kami belanja, guide kita Pemba ikut ke kamar membantu cek perlengkapan kami mana yang perlu di bawa mana yang nggak perlu, dan apa yang perlu di beli.

Setelah  list lengkap kita jalan lagi ke Thamel, waktu disini tak terasa karena banyaknya toko. Saat makan siang kita mampir di Northfield Cafe, tak jauh dari Hotel Manang, tempat kami menginap. Untuk rasa makanan di Kathmandu, relatif tidak ada masalah dengan bau bauan kari, tidak seperti India yang bau dan rasanya menyengat, disini rata rata masih masuk di lidah, cuma untuk rasa sepertinya mereka kurang berani di rasa asinnya dan yang agak kurang sama makanan sini tidak ada yang pedas.

Sambal berkali kali kita minta nggak pernah ada yang enak, jika perlu sambal instant boleh bawa dari Indonesia buat tambah rasa dan tambah pedas.

northfield cafe kathmandu

Tak terasa sore, makan malam kita makan di hotel saja, habis itu balik ke kamar untuk packing karena keesokan harinya rencana terbang ke Lukla untuk mulai perjalanan trekking.