Hari ke 18 – Perjalanan ke Kathmandu – Nepal, Everest Base Camp dan Kala Patthar ( Lukla – Kathmandu)

Pagi hari bangun di Hotel, benar benar senang, setelah 1 minggu lebih di ketinggian yang membuat kepala pusing nggak cuma 7 tapi sampai 8 keliling malah :) Karena rencana hari ini kita akan Rafting, jadi jam 1/2 6 pagi kami sudah standby siap jalan ke tempat rafting operator. Jaraknya nggak jauh cuma 5 menitan jalan kaki dari Manang Hotel.

Sampai di tempat operator rafting kami menunggu karena kebetulan ada yang bergabung lagi 3 orang cewe bule, tapi sepertinya cuma 1 yang ikut yang 2 nggak tertarik/ mungkin sudah pernah.

Setelah selesai, kita naik taxi yang ukurannya kecil amit amit tapi bisa muat 5 orang menuju tempat bis pemberangkatan bis. Sepertinya mobilnya jenis Suzuki tapi mirip Daihatsu Charade kalau di Indonesia.

Bis nya cukup bagus, karena ini adalah tourist bus tetapi problemnya adalah jam mereka berangkat dan pulang tertentu dan jam nya jarang. Jadi sepertinya kita baliknya akan naik bus umum yang mungkin desak desakan sambil menyetel lagu lagu indihe .. yah, siapa takut.

Jam 7 pas bis berangkat on time, tourist bus gitu lo.. sebelum berangkat beli pisang dekat pangkalan bus buat bekal, tapi sayangnya agak sepet..

tourist bus kathmandu

Perjalanan satu bus kita berlima (3 dari Jakarta) Guide, gw lupa namanya, sama Aleina cewe jangkung dari Russia. Perjalan menuju tempat rafting melalui jalan yang berkelok kelok menuruni bukit, seru sekaligus agak mengerikan. Jalurnya pun cuma 2, kalau ada yang mogok 1 aja sudah pasti macet panjang.

dalam bis menuruni tebing

pemandangan tebing dari dalam bis

Jam 10 an di tengah jalan, nggak tau dimana, kita berhenti untuk makan siang. Sepertinya sudah dekat karena waktu makan di pinggir sungai. Makanannya beli nggak termasuk dalam tiket bus.

Jam 11an kita berhenti lagi karena sudah sampai tujuan. Jalan kaki sedikit menuruni sungai, packing packing, ganti pakaian sambil mendengarkan instruksi guide.

mendengarkan instruksi sebelum rafting

Setelah selesai, kita pasang posisi untuk mulai naik boat dan mendayung boat sambil mencoba berbagai gaya sesuai instruksi guide. Gaya nya ini bukan gaya narsis ya :) , tapi bagaimana mendayung untuk belok ke kana atau ke kiri, ngebut atau posisi berlindung.

1 trip menghabiskan waktu sekitar 3 jam an, karena ditengah sebelum riam paling ganas, kita makan siang dulu untuk isi perut. Uniknya ditengah boat kita parkir di tepi sungai, dan team mereka masak masak. Wah asyik juga. Biar panas terik tapi asyik..

makan siang di tengah rafting

Habis perut kenyang, crew packing kembali peralatan masak dan kami mulai bersiap untuk melanjutkan trip sambil pemanasan. Maklum habis makan kenyang jadi agak agak males malesan .. :)

Setelah beberapa kali riam tingkat menengah, baru kami diberi tahu ini. Oke “next level riam tertinggi di trip ini” kata guide. Gitu kira kira kata si Guide. Justru pada saat ini kami malah seringnya tidak mendayung, hanya beberapa kali kebanyakan posisi berlindung supaya nggak ada yang kecebur.

rafting kathmandu 1

Akhirnya kami berteriak selepas lolos dan aman karena tidak ada yang kecebur, dahsyat juga riamnya sampe2 cuma kelihatan dayungnya aja, untungnya nggak sampai ada yang kecebur.

rafting kathmandu

Dengan lewatnya riam terakhir, selesai juga trip kita. Beberes ganti baju siap siap pulang.

Problemnya sekarang adalah menunggu bis, apesnya bis selalu penuh malah ditawarin duduk di atas bus, weleh weleh. Si cewe Russia itu cukup berani juga dia sendirian waktu ikut rafting dan pulangnya sendirian juga dan berlawanan arah dengan kita. Kita balik ke Kathmandu, dia lanjut ke Pokhara naik bis menyusul temannya. Gw aja nggak seberani berani amat seperti dia. Salut deh, traveler banget ..

Akhirnya setelah penantian 1 jam dapat bis yang nggak kosong2 banget tapi lumayan bisa duduk di dingklik di baris tengah tempat orang berdiri.

bis perjalanan pulang rafting

Di tengah perjalanan bis berhenti lagi, untuk makan, saya nggak nafsu makan, Heran juga orang makan disini pada beli timun mana banyak lagi. Sepertinya cemilan mereka itu timun..

istirahat makan pulang dari rafting

Buat ngemil ngemil gw beli macam chiki tapi dasar India, chiki pun ada rasa kari kari nya, yah gpp lah.

Muka muka orang Nepal nggak terlalu berbeda dengan orang local Indonesia, makanya kita nggak terlalu dikenal sebagai touris.

Malah pernah waktu di restoran pelayannya kaget karena kita orang dari Indonesia, karena muka kita mirip mirip dengan orang local, terus dia kasih kita hot lemon gratis. Wah aneh ..

perjalanan pulang rafting dalam bis

Kita sampai di Kathmandu jam 7 an, sudah gelap, turun dari bis nyambung naix taxi 5 menit untuk menuju Manang Hotel. Wah badan capek, tapi cukup menyenangkan hari ini, local culturenya dapet ..