Hari ke 15 – Perjalanan ke Kathmandu – Nepal, Everest Base Camp dan Kala Patthar ( Namche Bazar – Lukla )

Sesuai target awal yang ditetapkan malam sebelumnya hari ini akan digeber dari Namche Bazar sampai ke Lukla. Walaupun capek dari hasil ngebut dari Periche ke Namche Bazar hari sebelumnya maish belum reda, tapi habis mandi air hangat di ketinggian 3400 mdpl semalam dan pagi ini cukup meredakan pegal pegal di badan..

Ngobrol ngobrol ringan sebelum berangkat sambil sarapan ringan bread toast madu serta hot lemon. Membayangkan teman kita satu lagi mas Ryco yang terdampar 5 hari di Lukla dan berharap harap ada flight balik ke Kathmandu. Tapi berdasarkan informasi terakhir tetap tidak juga bisa karena cuaca yang masih buruk, sehingga tidak memungkinkan pesawat untuk mendarat.

Jam sudah 1/2 8 pagi, sudah waktunya untuk mulai jalan. Keluar dari hotel Sherpa Land, hotel terbaik kita selama trekking, karena ada air panas nya hehehe.

sherpa land hotel namche bazar

sherpa land hotel namche bazar

Foto foto sebentar, kemudian mampir ngelihat barang barang unik yang dijual di pasar yang baru dibuka, ngelihat kunci kura kura unik. Ternyata harganya 1800 NPR. Hmm mahal juga ya. akhirnya coba tawar tawar di 900 nggak dikasih, ya udah last offer 1000 NPR terserah mau nggak, sambil pura pura tinggalin toko, dikasih juga. Asem ini harganya harusnya dibawah ini. Tapi gpp lah, yang nyebelin yang jual bilang di Kathmandu nggak ada ini barang dari Tibet langsung, ternyata di Kathmandu banyak yang jual .. asyeemmm tenan ..

namche bazar everest

namche bazar everest

Jadi kalau di Kathmandu, tawar sampai 50% ya jangan terlalu kasihan dan percaya omongan penjual, kalau perlu tinggalin toko, kalau harganya masuk pasti dipanggil kok, mirip miriplah kalau belanja di ITC.

Sama dengan ketika kami naik ke atas, waktu turun juga di Checkpoint kita harus melaporkan bahwa kita sudah turun, tujuannya supaya data pendaki terupdate.

lapor checkpoint waktu turun

lapor checkpoint waktu turun

Perjalanan turun ini benar benar menguras tenaga, karena yang namanya turun gunung disini itu nggak turun benar benar, karena ada juga kombinasi tanjakan yang bisa dibilang cukup seimbang dengan turunnya. Kalau turun jauh, di depan kemungkinan kita akan menghadapi tanjakan, karena memang karena kita menyeberangi bukit bukit pegunungan Himalaya.

Akhirnya jam 4 sore sampai juga di Lukla, bertemu dengan bang Ryco, benar benar kasihan ngelihat terdampar di Lukla sampai 5 hari, yang praktis pasti bosan karena cuma melakukan kegiatan yang itu itu aja.

Mudah mudahan besok pesawat ada yang mendarat jadi bisa kembali ke Kathmandu.

Komentar di sini yuk ..